HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / klik360 / cerita indonesia

Warga Probolinggo Hadirkan Listrik dari Kotoran Sapi

Rabu, 7 Agustus 2019 | 17:00 WIB

Banyaknya peternak sapi di Desa Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, dimanfaatkan warga setempat untuk mengubah kotoran sapi menjadi sumber energi alternatif. Dengan pemanfaatan ini, warga tidak lagi bergantung pada energi listrik dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kotoran sapi dimanfaatkan menjadi biogas sebagai pengganti energi listrik dengan proses yang sederhana. Untuk menghasilkan biogas, warga membuat tabung sebagai penampung kotoran ditambah tabung untuk menampung gas yang disalurkan melalui pipa. Semakin banyak kotoran yang diolah, semakin banyak pula biogas yang dihasilkan.

Dengan bigoas, warga tak membutuhkan energi listrik untuk memanfaatkan lampu rumah, setrika, televisi, dan kebutuhan rumah tangga yang lain. Selain itu, biogas juga dapat dimanfaatkan warga untuk memasak sebagai pengganti gas. Warga mengaku pemakaian biogas dapat menghemat pengeluaran belanja.

Tak hanya biogas, warga juga memanfaatkan solar cell sebagai energi listrik alternatif. Solar cell ini digunakan terutama untuk keutuhan penerangan lampu jalan dan penerangan di sejumlah fasilitas umum.

Pemanfaatan biogas dan solar cell telah berjalan sejak satu bulan lalu. Selain memangkas pengeluaran, pemanfaatan ini menyelamatkan bumi dari pencemaran lingkungan.

Maka di saat Jakarta dan wilayah lainnya mengalami pemadaman listrik yang lama, warga di desa ini tak terpengaruh karena memiliki sumber energi alternatif dan tidak bergantung pada listrik milik negara.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
06:28
LIONEL MESSI CETAK TRIGOL SAAT LAGA BARCELONA KALAHKAN MALLORCA 5-2   VALENCIA KALAHKAN LEVANTE 4-2 DALAM LAGA PEKAN KE-16 LIGA SPANYOL DI STADION KOTA VALENCIA   PARIS SAINT-GERMAIN MENANG 3-1 ATAS MONTPELLIER DALAM LAGA LANJUTAN LIGA PERANCIS DI STADE DE LA MOSSON   TOTTENHAM HOTSPUR MENANG TELAK 5-0 BURNLEY DALAM LANJUTAN LIGA INGGRIS DI LONDON   LIVERPOOL MENANG TELAK ATAS BOURNEMOUTH 3-0 DI STADION VITALITY   PEKAN KE-16 LIGA INGGRIS, MANCHESTER UNITED MENANG 2-1 ATAS MANCHESTER CITY DI STADION ETIHAD   KOMISI V DPR MINTA PEMBANGUNAN SIRKUIT MOTOGP MANDALIKA, NTB, SELESAI TEPAT WAKTU   ICW: SEHARUSNYA DIRUT GARUDA INDONESIA DIPECAT SECARA TIDAK HORMAT   MENTERI PERDAGANGAN AGUS SUPARMANTO MINTA PERUSAHAAN SAMPAIKAN LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN PERUSAHAAN SECARA RUTIN   BMKG: WASPADAI HUJAN YANG SEBABKAN BANJIR DAN LONGSOR DI SUMATERA UTARA   KETUA KOMISI II DPR AHMAD DOLI KURNIA MINTA PEMERINTAH KAJI ULANG RENCANA PENAMBAHAN LIBUR BAGI ASN DI HARI JUMAT   DUKUNG ZULKIFLI HASAN, DPW PAN: JANGAN DIANGGAP KAMI BERBENTURAN DENGAN AMIEN RAIS   PARTAI AMANAT NASIONAL SEBUT KONGRES V PAN SELAMBAT-LAMBATNYA DISELENGGARAKAN PADA MARET 2020   WAKETUM PAN BIMA ARYA SUGIARTO SEBUT AMIEN RAIS BUKA RUANG UNTUK KADER MAJU JADI CALON KETUA UMUM