Kompas TV nasional berita kompas tv

PT PLN Pangkas Gaji Karyawan untuk Bayar Ganti Rugi Mati Listrik

Rabu, 7 Agustus 2019 | 14:56 WIB

Polisi mendalami penyebab kejadian padamnya listrik di setengah Pulau Jawa. Salah satunya dengan melakukan olah tempat kejadian perkara di jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) yang berada di Desa Malon, Kecamatan Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah. Di lokasi ini sempat terjadi ledakan tegangan tinggi yang diduga menjadi pemicu padamnya listrik.

Selasa (6/8/19), tim laboratorium dan forensik melakukan olah TKP di lokasi ledakan. Garis polisi juga masih terpasang di lokasi kejadian.

Ditemui seusai memenuhi panggilan rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani, belum dapat memastikan penyebab utama padamnya listrik pada Minggu (4/8/19) lalu. Namun, PLN berjanji akan membentuk tim investigasi untuk menyelidiki masalah ini.

Padamnya aliran listrik pada hari Minggu (4/8/19) lalu berdampak bagi banyak sector. Salah satunya bisnis ritel. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyayangkan tak adanya rencana cadangan ketika salah satu sistem kelistrikan PLN rusak. Pengusaha ritel mengestimasi mereka rugi ratusan miliar rupiah.

Menyikapi kerugian warga akibat padamnya listrik, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta membuka posko pengaduan masyarakat. LBH Jakarta akan memberi bantuan hukum bagi masyarakat sebagai konsumen PLN agar bisa mendapatkan ganti rugi yang sesuai.

Gugatan terhadap PLN atas padamnya listrik juga dilakukan oleh Forum Advokat Muda Indonesia (FAMI). FAMI melaporkan PLN ke Ombudsman RI. PLN dinilai melakukan mala-administrasi, karena tidak memberikan pengumuman kepada masyarakat sebelum melakukan pemadaman listrik di sejumlah daerah.

Selain melapor ke ombudsman, FAMI juga melaporkan PLN ke badan perlindungan konsumen nasional serta melakukan class action di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kerugian akibat padamnya litsrik juga dirasakan oleh PT PLN. PLN harus membayarkan ganti rugi sebesar Rp 839,88 miliar kepada 21,9 juta pelanggan. Seperti yang kami kutip dari laman Kompas.com, untuk menekan kerugian, PLN harus melakukan efisiensi. Salah satunya dengan memangkas gaji direksi dan karyawan, bukan gaji pokok, melainkan insentif kesejahteraan.

#JakartaMatiListrik #MatiListrik #Jakarta

Editor : Desy Hartini



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:17
KOMISI KEJAKSAAN DUGA JAKSA PINANGKI SIRNA MALASARI PUNYA PERAN STRATEGIS DAN PENTING DALAM MEMBANTU DJOKO TJANDRA   KOMISI KEJAKSAAN AKAN PANGGIL PEJABAT KEJAGUNG YANG DIDUGA MELAKUKAN KOMUNIKASI DENGAN DJOKO TJANDRA   KASUS KORONA MASIH TINGGI, PEMPROV DKI MENYATAKAN BELUM AKAN MEMBUKA TEMPAT HIBURAN DALAM WAKTU DEKAT   KAUKUS PEREMPUAN PARLEMEN REPUBLIK INDONESIA (KPP-RI) SEGERA USULKAN RUU PKS MASUK PROLEGNAS 2021   PASIEN POSITIF COVID-19 DI SECAPA AD HARI INI SUDAH BERKURANG 1.299 ORANG MENJADI TINGGAL SEMBILAN KASUS   DARI HASIL TES LANJUTAN PASIEN COVID-19 DI SECAPA AD, HARI INI ADA TIGA PASIEN YANG DINYATAKAN NEGATIF   WAKIL KETUA KPK NAWAWI POMOLANGO APRESIASI TRANSPARANSI & KETERBUKAAN POLRI TANGANI KASUS PELARIAN DJOKO TJANDRA    KPK AKAN IKUTI GELAR PERKARA KASUS SUAP DAN GRATIFIKASI TERKAIT PENGHAPUSAN “RED NOTICE” DJOKO TJANDRA    ERICK THOHIR: IMUNISASI MASSAL VAKSIN COVID-19 AKAN BERADA DI BAWAH KOORDINASI TNI-POLRI   ERICK THOHIR: TNI-POLRI BERTUGAS BERSAMA KEMENKES, KEMENTERIAN PENDIDIKAN, DAN PMI DALAM MELAKSANAKAN VAKSINASI   ERICK THOHIR: PELIBATAN TNI-POLRI UNTUK TINGKATKAN KEDISIPLINAN MASYARAKAT DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KETUA GUGUS TUGAS PEMULIHAN COVID-19 & EKONOMI NASIONAL ERICK THOHIR: PELIBATAN TNI-POLRI BUKAN TAKUTI MASYARAKAT   JELANG HUT KE-75 KEMERDEKAAN RI, PRESIDEN JOKOWI BERIKAN ANUGERAH TANDA JASA DAN KEHORMATAN KEPADA 53 TOKOH BANGSA   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL