Kompas TV nasional berita kompas tv

Penyebab Listrik Padam Massal Belum Diketahui, PLN Minta Waktu

Kompas.tv - 7 Agustus 2019, 08:10 WIB
Penulis : Desy Hartini

Anggota Komisi VII DPR memanggil jajaran direksi PT PLN terkait peristiwa listrik padam di sejumlah daerah pada Minggu (4/8/19).

Rapat antara Komisi VII DPR dan jajaran direksi PLN dilakukan secara tertutup. Seusai pertemuan, Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani, belum dapat memastikan penyebab utama padamnya listrik di sebagian Jawa dan Bali. Namun, PLN berjanji akan membentuk tim investigasi untuk menyelidiki masalah ini.

Sementara itu, Komisi VII DPR mendorong adanya investigasi penyebab padamnya listrik di sebagian Pulau Jawa. Komisi VII DPR berharap PLN dapat jujur terkait penyebab listrik padam.

Sebelumnya, pada Minggu (4/8) siang, terjadi pemadaman listrik di wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Adapun pemadaman listrik secara serentak hingga malam hari ini terjadi karena sistem di SUTET Ungaran-Pemalang black out. Black out-nya SUTET Ungaran-Pemalang membuat aliran listrik di dua sirkuit tersebut turun drastis, yang kerap disebut dengan istilah N minus 2.

Kemudian, turun drastisnya listrik juga memengaruhi sirkuit Depok-Tasikmalaya, sehingga kejadian ini disebut N minus 3. Artinya, terjadi gangguan listrik pada 3 SUTET secara bersamaan. Inilah yang menyebabkan pemadaman serentak terjadi.

#JakartaMatiListrik #MatiListrik #MatiLampu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x