Kompas TV nasional sapa indonesia

Kotoran Sapi Diubah jadi Sumber Energi Alternatif

Kompas.tv - 6 Agustus 2019, 17:10 WIB
Penulis : Dian Septina

Tidak mau bergantung pada energi listrik, ribuan kepala keluarga di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, memanfaatkan kotoran sapi menjadi biogas. Selain sebagai pengganti energi listrik, biogas dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak.

Banyaknya peternak sapi di Desa Krejengan, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, dimanfaatkan warga setempat untuk, mengubah kotoran sapi, menjadi sumber energi alternatif.

Dengan pemanfaatan ini, warga tidak lagi bergantung pada energi listrik dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kotoran sapi, dimanfaatkan menjadi biogas, sebagai pengganti energi listrik dengan proses yang sederhana.

Untuk menghasilkan biogas, warga membuat tabung sebagai penampung kotoran, ditambah tabung untuk menampung gas, yang disalurkan melalui pipa. semakin banyak kotoran yang diolah, semakin banyak pula biogas yang dihasilkan.

Dengan bigoas, warga tak membutuhkan energi listrik untuk memanfaatkan lampu rumah, setrika, televisi, dan kebutuhan rumah tangga yang lain. selain itu, biogas juga dapat dimanfaatkan warga untuk memasak, sebagai pengganti gas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x