Kompas TV nasional berita kompas tv

Pindah Ibu Kota, Gubernur Kaltim Akan Presentasi di Depan Jokowi

Kompas.tv - 1 Agustus 2019, 09:05 WIB
Penulis : Desy Hartini

Pada 5 Agustus mendatang, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor akan mempresentasikan kesiapan Kaltim jelang pengumuman pemindahan ibu kota di hadapan Presiden dan Bappenas. Isran juga akan menyampaikan kesiapan lingkungan, keamanan, dan kebutuhan teknis lainnya.

Isran Noor menegaskan, pemerintah daerah dan masyarakat Kalimantan Timur siap menjalani perintah negara bila Kaltim dijadikan ibu kota negara.

Sebelumnya, meski belum sepenuhnya terjawab, namun teka-teki lokasi ibu kota baru mulai terkuak, setelah pemerintah memastikan ibu kota baru berlokasi di Pulau Kalimantan. Sejauh ini, dari lima provinsi yang ada di Kalimantan, tiga di antaranya, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah yang sangat dipertimbangkan menjadi tuan rumah ibu kota baru.

Meski ada keyakinan dari ketiga provinsi untuk menjadi tuan rumah bagi ibu kota baru, namun, Bappenas menyatakan, proses kajian panjang masih perlu dilakukan. Pada Mei lalu, Presiden Jokowi sudah mengunjungi sejumlah daerah di Kalimantan untuk memastikan kelayakan sebagai calon ibu kota negara yang baru.

#IbuKotaBaru #Jokowi #IbuKotaIndonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x