Kompas TV nasional kompas dunia

Bentrokan Antar-geng Lapas Altamira, 57 Narapidana Tewas

Kompas.tv - 31 Juli 2019, 11:12 WIB
Penulis : Desy Hartini

Bentrokan antar-geng pecah di penjara Altamira, negara bagian para Brasilhari Senin (29/7) pagi waktu setempat. Bentrokan berujung maut ini merupakan yang terbaru saat pemerintah Brasil tengah berusaha mengendalikan penjara-penjara yang sudah penuh sesak.

Keributan bermula saat kelompok narapidana di blok comando classe a membakar sebuah sel berisi narapidana dari kelompok musuhnya.Para narapidana anggota geng sudah mengincar target untuk dibunuh. Akibatnya 57 narapidana tewas.

Dua penjaga lapas sempat disandera selama kerusuhan yang berlangsung 5 jam, tetapi akhirnya dibebaskan. Kementerian kehakiman Brasil tengah mengidentifikasi dalang kerusuhan di penjara. Untuk sementara, para narapidana ini kemudian dipindahkan ke beberapa tempat penjara federal, termasuk para pemimpin geng.

Pasca-kerusuhan, sejumlah pihak keluarga narapidana menunggu di luar kamar jenazah untuk mendapatkan informasi data soal keberadaan kerabat mereka yang menjadi korban kerusuhan lapas. Kekerasan serupa pernah terjadi pada Mei bulan lalu. 55 narapidana tewas dalam serangan di penjara Amazonas Utara Brasil.

Kekerasan yang terjadi di dalam penjara masih menjadi tantangan besar di Brasil, terutama bagi presiden terpilih, Jair Bolsonaro yang berjanji akan memberantas kejahatan di Brasil. Brasil menjadi salah satu negara di dunia yang paling banyak menghadapi kasus kekerasan.

#Brasil #NapiTewas #PenjaraBrasil



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x