Kompas TV nasional berita kompas tv

Jokowi Umumkan Lokasi Pemindahan Ibu Kota di Bulan Agustus

Kompas.tv - 31 Juli 2019, 08:45 WIB
Penulis : Desy Hartini

Meski belum sepenuhnya terjawab, namun teka-teki lokasi ibu kota baru mulai terkuak, setelah pemerintah memastikan ibu kota baru berlokasi di Pulau Kalimantan. Sejauh ini, dari lima provinsi yang ada di Kalimantan, tiga di antaranya, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah yang sangat dipertimbangkan menjadi tuan rumah ibu kota baru.

Rektor Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Masjaya, sangat yakin provinsi Kalimantan Timur adalah yang paling siap jadi induk bagi ibu kota baru.

Lantaran, Kalimantan Timur memenuhi 7 indikator utama kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), yaitu berada di tengah tengah wilayah Republik Indonesia, bebas bencana gempa dan banjir, akses transportasi dekat, ketersediaan lahan, hingga aman dari konflik.

Meski ada keyakinan dari ketiga provinsi untuk menjadi tuan rumah bagi ibu kota baru, namun, Bappenas menyatakan, proses kajian panjang masih perlu dilakukan. Pada Mei lalu, Presiden Jokowi sudah mengunjungi sejumlah daerah di Kalimantan untuk memastikan kelayakan sebagai calon ibu kota negara yang baru.

Daerah yang dikunjungi di antaranya adalah kawasan Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Pemerintah pun terus mengkaji berbagai aspek terkait wilayah calon ibu kota baru, mulai dari aspek kebencanaan, pasokan air, demografi hingga masalah sosial politik.

Presiden menyatakan, akan menyampaikan secara resmi tempat pemindahan ibu kota pada Agustus mendatang.

#IbuKotaBaru #JusufKalla #IbuKotaIndonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.