Kompas TV nasional kompas bisnis

Karpet Merah Bagi Softbank Tanam Modal di Indonesia

Kompas.tv - 30 Juli 2019, 13:20 WIB

Infrastruktur digital dipacu, karpet merah investor asing terbentang. Kali ini konglomerasi asal Jepang yaitu Softbank menjadi investor favorit pemerintah. Softbank memboyong komitmen investasi 2 miliar dollar Amerika Serikat atau bahkan lebih ke Istana Kepresidenan. Dana setara Rp 28 triliun ini akan mengalir ke salah satu unicorn paling eksis di Indonesia yaitu grab.

Semakin tebalnya modal yang diberikan softbank memungkinkan Grab semakin luas berekspansi. Sudah sejak 2017 Grab berinvestasi 1 miliar dollar Amerika Serikat atau Rp 14 triliun di Indonesia.

Masuk dalam investor kelas kakap Softbank bukan investor baru bagi Indonesia. Perusahaan yang berdiri tahun 1981 di Jepang ini sudah punya investasi eksisting senilai Rp 2 triliun. Softbank kembali mengukuhkan keberadaannya di Indonesia dengan komitmen investasi baru 2 miliar dollar Amerika Serikat. Tetapi pemerintah meminta tambahan sebesar 1 miliar dollar Amerika Serikat. Total Softbank akan menanamkan dana 5 miliar dollar Amerika Serikat atau Rp 70 triliun. Tidak hanya digital, investor di balik kesuskesan Grab dan Tokopedia ini juga melirik mobil listrik.

Selain Grab sasaran investasi Softbank di Indonesia adalah sejumlah perusahaan berbasis digital atau e-commerce. Fokusnya industri kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Salah satunya lewat Tokopedia.

#Softbank #Investasi #Indonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x