Kompas TV nasional sapa indonesia

12 Anak Gimbal Wonosobo Ikuti Ritual Potong Rambut Gimbal

Kompas.tv - 29 Juli 2019, 16:40 WIB

Sebanyak 12 anak yang berasal dari berbagai daerah di Wonosobo, Jawa Tengah mengikuti tradisi potong rambut gembel atau gimbal secara massal. Rambut gimbal merupakan rambut yang tumbuh secara alami tetapi berbeda dengan rambut pada umumnya. Satu per satu anak-anak didoakan dan selanjutnya dicukur rambut gimbalnya.

Cara pemotongannya pun dilakukan secara khusus agar rambut bisa tumbuh layaknya rambut normal lainnya. Selain itu dalam pemotongan rambut juga harus memenuhi keinginan dari sang anak. Dipercaya dengan dicukur menggunakan tradisi serta memenuhi keinginan sang anak rambut gimbal tidak akan tumbuh lagi.

Dalam ritual ini Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendapatkan kesempatan untuk mencukur rambut gimbal. Ganjar menilai rambut gimbal ini cukup unik dan hanya bisa ditemukan di wilayah wonosobo. Rambut gimbal atau yang sering disebut rambut gembel adalah fenomena unik bagi anak-anak di Wonosobo. Konon anak yang memiliki rambut gimbal ini dipercaya sebagai anak pilihan atau titisan dari Ki Kolodete, pendiri Kota Wonosobo.

#Wonosobo #AnakGimbal #GanjarPranowo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x