HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Waspada! Aplikasi Faceapp Diduga Bahayakan Keamanan Data

Kamis, 25 Juli 2019 | 17:00 WIB

Media sosial selalu ramau dengan hal-hal baru. Seperti yang saat ini digandrungi semua lapisan masyarakat yakni aplikasi faceapp yang viral di jagat media. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat mengubah foto seseorang dengan menghasilkan potret melalui beberapa filter. Foto-foto yang tersebar dengan tagar age challenge ini merupakan sebuah tantangan untuk mengedit foto wajah anda menjadi terlihat lebih tua.

Banyak selebritas luar negeri hingga Indonesia mencoba aplikasi ini dari Bunga Citra Lestari hingga juru masak kenamaan asal Inggris, Gordon Ramsey. Tidak hanya selebritas para pejabat di Indonesia pun juga banyak yang mencoba aplikasi ini diantaranya ada Ridwan Kamil hingga Sandiaga Uno. Dan yang paling mengundang gelak tawa adalah unggahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia yakni menggunggah foto sang menteri Basuki Hadimuljono yang mengikuti tantangan age challenge di mana dalam foto tidak ditemukan adanya perbedaan.

Aplikasi yang dikembangkan di Saint Petersburg, Rusia sejak januari 2017 ini ternyata menimbulkan kontroversi terkait kemanan pengguna. Aplikasi ini belakangan mengandung bahaya keamanan data. Untuk itu negara diminta untuk turun tangan dengan menyegerakan hadirnya aturan perlindungan dan data pribadi. Soal risiko keamanan data pada aplikasi ini ada beberapa. Salah satunya adalah aplikasi mampu membaca biometrik wajah pengguna dengan menggunakan jaringan saraf.

Hal ini diimbau oleh senator Amerika Serikat, Chuck Schumer kepada Badan Intelejen AS, FBI, FTC dan badan perlindungan konsumen. Pemerintah Amerika khawatir mengenai data warganya yang dapat diakses Pemerintah Rusia. Sementara itu di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara meminta kepada seluruh warga untuk tetap berhati-hati dalam menggunakan aplikasi FaceApp meski belum mengetahui dampak buruk dari penggunaan aplikasi yang telah di download jutaan orang ini namun Kementrian Komunikasi dan Informasi masih tetap melalukan monitoring terhadap apikasi ini.

Aplikasi ini meminta izin untuk mengakses rol kamera dan penyimpanan data di ponsel anda yang perlu diunggah dan untuk menyimpan gambar. Jika anda menolak maka pemrosesan akan terhenti dan pengguna tidak dapat menggunakan FaceApp. Jika anda khawatir anda bisa mencabut izin setelah menggunakan aplikasi ini.

#AgeChallenge #Faceapp #DataKeamanan

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
22:02
PAUL MERSON: GELANDANG ASTON VILLA, JACK GREALISH, BISA JADI KAPTEN MANCHESTER UNITED DI MASA MENDATANG   PELATIH AREMA FC, MARIO GOMEZ, AKUI MASIH BUTUH TAMBAHAN PEMAIN DI POSISI BEK DAN STRIKER   PRESIDEN JOKOWI PERINTAHKAN SEGERA BANGUN PUSAT PELATIHAN SEUSAI TERBENTUKNYA PENGURUS BESAR ESPORTS INDONESIA   GANDA PUTRA INDONESIA, MOHAMMAD AHSAN/HENDRA SETIAWAN, MELAJU KE BABAK FINAL TURNAMEN INDONESIA MASTERS 2020   PEBULU TANGKIS TUNGGAL PUTRA INDONESIA, ANTHONY GINTING, MELAJU KE BABAK FINAL TURNAMEN INDONESIA MASTERS 2020   PM JUSTIN TRUDEAU JANJIKAN KOMPENSASI RP 261 JUTA BAGI KELUARGA WARGA KANADA YANG TEWAS DALAM PESAWAT UKRAINA   BUPATI LEBAK ITI OCTAVIA JAYABAYA: SEBANYAK 2.105 WARGA MASIH MENGUNGSI AKIBAT LONGSOR DAN BANJIR BANDANG   PEMKAB LEBAK PERPANJANG MASA TANGGAP DARURAT BENCANA HINGGA 28 JANUARI 2020   MENTERI DESA PDTT PERSILAKAN WILAYAH YANG TERDAMPAK BENCANA GUNAKAN DANA DESA UNTUK PROGRAM MITIGASI BENCANA   MENTERI DESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR MEMPREDIKSI 50.000 DESA AKAN TERDAMPAK BENCANA ALAM SEPANJANG 2020   ICW KRITIK KEHADIRAN MENKUMHAM YASONNA LAOLY PADA KONFERENSI PERS TIM HUKUM PDI-P TERKAIT KASUS HARUN MASIKU   PEKAN DEPAN, OMBUDSMAN RI AKAN PANGGIL OJK UNTUK TELUSURI KASUS ASURANSI JIWASRAYA   OMBUDSMAN RI SOROTI TIDAK ADANYA TRANSPARANSI PADA PUBLIKASI LAPORAN TAHUNAN PT ASABRI   POLDA RIAU TETAPKAN SEMBILAN TERSANGKA KEBAKARAN LAHAN & HUTAN SEPANJANG 2020