Kompas TV nasional sapa indonesia

Waspada! Aplikasi Faceapp Diduga Bahayakan Keamanan Data

Kompas.tv - 25 Juli 2019, 17:00 WIB

Media sosial selalu ramau dengan hal-hal baru. Seperti yang saat ini digandrungi semua lapisan masyarakat yakni aplikasi faceapp yang viral di jagat media. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat mengubah foto seseorang dengan menghasilkan potret melalui beberapa filter. Foto-foto yang tersebar dengan tagar age challenge ini merupakan sebuah tantangan untuk mengedit foto wajah anda menjadi terlihat lebih tua.

Banyak selebritas luar negeri hingga Indonesia mencoba aplikasi ini dari Bunga Citra Lestari hingga juru masak kenamaan asal Inggris, Gordon Ramsey. Tidak hanya selebritas para pejabat di Indonesia pun juga banyak yang mencoba aplikasi ini diantaranya ada Ridwan Kamil hingga Sandiaga Uno. Dan yang paling mengundang gelak tawa adalah unggahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia yakni menggunggah foto sang menteri Basuki Hadimuljono yang mengikuti tantangan age challenge di mana dalam foto tidak ditemukan adanya perbedaan.

Aplikasi yang dikembangkan di Saint Petersburg, Rusia sejak januari 2017 ini ternyata menimbulkan kontroversi terkait kemanan pengguna. Aplikasi ini belakangan mengandung bahaya keamanan data. Untuk itu negara diminta untuk turun tangan dengan menyegerakan hadirnya aturan perlindungan dan data pribadi. Soal risiko keamanan data pada aplikasi ini ada beberapa. Salah satunya adalah aplikasi mampu membaca biometrik wajah pengguna dengan menggunakan jaringan saraf.

Hal ini diimbau oleh senator Amerika Serikat, Chuck Schumer kepada Badan Intelejen AS, FBI, FTC dan badan perlindungan konsumen. Pemerintah Amerika khawatir mengenai data warganya yang dapat diakses Pemerintah Rusia. Sementara itu di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara meminta kepada seluruh warga untuk tetap berhati-hati dalam menggunakan aplikasi FaceApp meski belum mengetahui dampak buruk dari penggunaan aplikasi yang telah di download jutaan orang ini namun Kementrian Komunikasi dan Informasi masih tetap melalukan monitoring terhadap apikasi ini.

Aplikasi ini meminta izin untuk mengakses rol kamera dan penyimpanan data di ponsel anda yang perlu diunggah dan untuk menyimpan gambar. Jika anda menolak maka pemrosesan akan terhenti dan pengguna tidak dapat menggunakan FaceApp. Jika anda khawatir anda bisa mencabut izin setelah menggunakan aplikasi ini.

#AgeChallenge #Faceapp #DataKeamanan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.