Kompas TV nasional berita kompas tv

Mengenal Bader Bank, Konservasi Ikan Air Tawar di Sungai Brantas

Kompas.tv - 23 Juli 2019, 15:20 WIB

Berawal dari rasa keprihatinan terjadinya perusakan eko sistem di Sungai Brantas, warga di Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar membuat tempat konservasi ikan air tawar. Kegiatan pelestarian lingkungan dan ekosistem di Sungai Brantas ini mampu menampung ribuan ikan air tawar.

Puluhan pelestari ekosistem dan lingkungan hidup yang tergabung dalam Komunitas Fajar Bengawan ini kini telah berhasil mengembalikan ekosistem Sungai Brantas kembali seperti dulu. Meningkatknya populasi ikan air tawar hasil konservasi ini kini juga dimanfaatkan warga sebagai tempat wisata edukasi.

Tempat konservasi ikan air tawar ini oleh warga setempat diberi nama Bader Bank. Dengan membayar Rp 5.000 para pengunjung dapat memberi makan ikan sepuasnya. Selain itu para pengunjung juga dapat menyusuri sungai menggunakan perahu yang telah disediakan.

Tempat konservasi seluas 200 meter persegi ini kini mampu membuat para pengunjung dan warga sekitar peduli dan ikut serta melestarikan ekosistem sungai. Sungai Brantas sendiri memiliki panjang 320 kilometer yang membentang di 11 kota dan kabupaten seluruh Jawa Timur.

#SungaiBrantas #BaderBank



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.