Kompas TV nasional kompas bisnis

Pemerintah Nilai Maskapai Tak Transparan Soal Diskon Tiket 30 Persen

Kompas.tv - 23 Juli 2019, 10:12 WIB
Penulis : Desy Hartini

Utak-atik harga tiket tak kunjung usai. Setelah 2 minggu penerapan tiket diskon dilakukan, evaluasi dilakukan. Sebagai pengingat, per 11 Juli, pemerintah meminta maskapai memberi diskon kursi di hari, jam, dan tujuan tertentu.

Hasil evaluasi, pemerintah menilai maskapai belum transparan soal diskon 30 persen. Maskapai seharusnya memunculkan kuota kursi diskon agar calon penumpang tahu apakah tiket diskon masih tersedia atau tidak. Bahkan Lion Air baru bisa menerapkan tiket diskon di hari Rabu (24/7) pekan ini, alasannya karena masalah sistem.

Namun, ini adalah solusi jangka pendek. Pemerintah dan maskapai kini mulai menggodok solusi jangka menengah dan panjang untuk urusan tiket pesawat. Salah satunya soal insentif fiskal.

Kementerian Perhubungan memberi masukan untuk mengurangi beban. Sektor pariwisata diminta patungan dengan sektor penerbangan. Namun, ini baru sebatas usulan.

Taktik lain pun akan dilakukan untuk menekan biaya operasional. Salah satunya adalah membangun bengkel khusus untuk suku cadang pesawat.

Penurunan tiket jangka pendek telah diterapkan di maskapai setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu dari pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB. Menurut rencana, diskon tarif akan diterapkan setiap hari untuk seluruh jadwal penerbangan. Dalam 1 bulan, rencana ini akan dimatangkan bersama dengan solusi jangka panjang lain.

#TiketMahal #HargaTiket #TiketMaskapai



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.