Kompas TV nasional kompas dunia

Serangan Udara Hantam Pasar di Suriah, 23 Orang Tewas

Kompas.tv - 23 Juli 2019, 09:50 WIB
Penulis : Desy Hartini

Sebanyak 23 orang tewas dalam serangan udara di sebuah pasar di barat laut Suriah. Otoritas setempat menyatakan, dari total korban tewas, 19 di antaranya diketahui merupakan warga sipil.

Jumlah korban tewas bisa saja bertambah, karena dari 45 korban luka, beberapa di antaranya berada dalam kondisi kritis. Selain itu, puluhan warga juga masih terjebak di reruntuhan bangunan.

Lembaga pemantau Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris menduga, serangan brutal ini dilakukan oleh militer Rusia. Namun, tudingan tersebut dibantah Rusia dan menyebut laporan pemantau HAM di Suriah itu palsu.

Pasca-serangan udara, kelompok The White Helmet langsung berdatangan ke titik serangan. Bersama warga setempat, mereka membongkar tumpukan reruntuhan gedung guna mencari korban yang tertimbun.

Sebagian regu pencari bahkan menyebar masuk ke dalam gedung yang sudah hancur sebagian. Pencarian dengan menggunakan alat seadanya berhasil mengeluarkan sejumlah korban dari reruntuhan.

Di sisi lain, salah satu korban tewas dalam serangan udara di Suriah adalah seorang wartawan lepas dari Anadolu Agency. Wartawan bernama Anas Diab itu tewas saat melakukan peliputan.

Jenazah wartawan berusia 20 tahun itu dimakamkan di kawasan Idlib oleh para kerabat dan warga setempat. Tahun lalu, Anas Diab juga sempat terluka dalam serangan udara rezim Suriah dan dikirim ke Turki untuk mendapatkan perawatan medis.

#Suriah #SeranganSuriah #Rusia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.