Kompas TV nasional berita kompas tv

Sempat Konflik Akibat Lahan, Wali Kota Tangerang-Kemenkumham Damai

Kompas.tv - 18 Juli 2019, 20:30 WIB

Kementerian Dalam Negeri memediasi Kemenkumham dan Wali Kota Tangerang yang berselisih terkait persoalan tanah. Kedua pihak sepakat mencabut laporan polisi. Saling sindir antara Menkumham, Yasona Laoly dan Wali Kota Tangerang, Arif Wismansyah coba diselesaikan Kemendagri. Namun pertemuan tidak dihadiri Menkumham. Pertemuan di Kantor Kemendagri menghasilkan sejumlah poin. Di antaranya menyamakan persepsi soal tata ruang termasuk aset Kemenkumham yang ada di Kota Tangerang. Terkait pemutusan layanan umum di sekitar Kantor Kemenkumham, Wali Kota Tangerang menyatakan sudah mencabutnya.

Perselisihan Menkumham dan Wali Kota Tangerang berdampak pada fasilitas umum. Lampu penerangan jalan tidak menyala di sekitar kantor milik kemenkumham di wilayah kota tangerang.

Area yang berada satu deret dengan Kantor Imigrasi Klas 1 Kota Tangerang, Banten tampak gelap pada Rabu (17/7/2019) malam. Diduga Pemkot Tangerang memutus aliran listrik untuk penerangan lampu jalan akibat konflik dengan Kemenkumham. Meski kurang penerangan petugas keamanan kantor imigrasi setempat menyatakan pelayanan kepada warga tetap normal.

Perselihan bermula saat Menkumham menilai Wali Kota Tangerang mempersulit izin pembangunan di perguruan tinggi di lahan milik Kemenkumham. Hal ini berujung pada pemutusan layanan umum di lingkungan sekitar Kantor Kemenkumham di Tangerang. Konflik pun berlanjut ke polisi. Dua pihak saling lapor.

Meski berkonflik sudah ada niat baik untuk menyelesaikan kasus yang berawal dari persoalan lahan ini. Di antaranya dengan mengadakan pertemuan bersama Kemendagri dan Pemprov Banten.

#WaliKotaTangerang #Kemenkumham #Konflik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x