Kompas TV nasional sapa indonesia

Perajin Jepara Membuat Gelang untuk Jemaah Calon Haji

Kompas.tv - 18 Juli 2019, 16:00 WIB

Musim haji tiba tiba pula bagi para perajin monel atau logam baja putih di Desa Bakalan, Kecamatan Kalinyamat, Jepara, Jawa Tengah untuk lebih sibuk. Pasalnya para perajin mendapatkan pesanan ratusan ribu gelang yang nantinya akan dikenakan oleh jemaah calon haji Indonesia di tanah suci.

Gelang-gelang ini wajib dikenakan oleh jemaah calon haji sebagai identitas haji Indonesia yang digunakan sebagai penanda saat berada di tanah suci.

Berbeda dengan gelang haji pada tahun lalu tahun ini tidak lagi disematkan barcode karena kerap rusak dan tak bisa terbaca. Sebagai pengganti tahun ini menggunkaan kode nama kantor atau tempat yang mengatur urusan ibadah haji atau disebut maktab untuk memudahkan mengenali jemaah serta berguna saat jemaah haji tersesat atau butuh pertolongan.

Untuk menyelesaikannya ratusan ribu gelan ini para perajin membutuhkan waktu selama tiga bulan. Gelang haji ini selanjutnya akan didistribusikan ke 19 embarkasi yang ada diseluruh Indonesia dan nantinya akan dikenakan oleh jemaah calon haji sebelum bertolak ke tanah suci.

#NaikHaji2019 #GelangJemaah #JemaahCalonHaji



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x