HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Kasus Novel Baswedan, TGPF Rekomendasikan Polri untuk Bentuk Tim Lagi

Kamis, 18 Juli 2019 | 08:05 WIB

Setelah dibentuk Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada Januari 2019, Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus teror terhadap Novel Baswedan akhirnya merilis hasil kerja mereka.

Dari hasil kerja mereka, TGPF mengeluarkan dua rekomendasi untuk dilanjutkan polri, yakni membentuk tim teknis untuk menyelidiki pelaku penyiraman. Tim teknis direkomendasikan untuk menyelidiki tiga orang yang diduga berhubungan dengan aksi penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan.

Dalam laporan setebal 2.700 halaman, tim pencari fakta meyakini pelaku bermaksud membalas sakit hati atau memberikan pelajaran kepada Novel sehingga menggunakan cairan yang tidak mematikan.

Dalam laporan akhirnya, tim pencari fakta juga meminta Kapolri menyelidiki sekurangnya enam kasus yang pernah dan sedang ditangani Novel Baswedan saat teror terjadi.

Enam kasus yang dimaksud adalah megakorupsi KTP elektronik yang menyeret Ketua DPR saat itu, Setya Novanto, kasus suap Ketua MK yang Menyeret Akil Mochtar dengan vonis seumur hidup. Di tahun 2012, Novel juga menjadi penyidik dalam kasus simulator SIM di Korlantas Polri.

Di tahun 2011, Novel tercatat terlibat dalam penyelidikan suap mantan Bupati Buol dengan tersangka Amran Batalipu. Korupsi wisma atlet SEA Games hingga suap dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID) Wa Ode Nurhayati.

Atas rekomendasi dari TGPF kasus Novel Baswedan, polri segera membentuk tim teknis lapangan yang dipimpin Kabareskrim Polri Komjen Idham Azis. Tim dibentuk untuk bekerja selama enam bulan dan bisa diperpanjang jika diperlukan.

#NovelBaswedan #InvestigasTGPF #TGPF

Penulis : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
06:17
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !   ARSENAL KALAHKAN NEWCASTLE UNITED DENGAN SKOR 2-0 DALAM LAGA LIGA INGGRIS DI STADION EMIRATES   REAL MADRID IMBANG LAWAN CELTA VIGO DENGAN SKOR 2-2 DALAM LAGA LIGA SPANYOL DI SANTIAGO BERNABEU   BERHASIL KALAHKAN INTER MILAN, LAZIO DIKABARKAN JADI SALAH SATU KANDIDAT PERAIH SCUDETTO MUSIM INI   LAZIO RAIH KEMENANGAN ATAS INTER MILAN DENGAN SKOR 2-1 DALAM LANJUTAN LIGA ITALIA DI STADION OLIMPICO ROMA   PEMKOT BANJARMASIN GANDENG JEPANG UNTUK TINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN DAN PELATIHAN TENAGA MEDIS   DIRUT PT KAI EDI SUKMORO SEBUT KA DJOKO KENDIL AKAN DIFUNGSIKAN SEBAGAI KERETA WISATA   PEMKOT SOLO LUNCURKAN KERETA API UAP KUNO DENGAN NAMA KA DJOKO KENDIL   USAI KAWAL OBSERVASI WNI ASAL WUHAN DI NATUNA, 229 PERSONEL POLDA KEPRI JALANI SERANGKAIAN TES KESEHATAN   KAPOLRES BELU SEBUT BENDA DIDUGA BOM PERANG DUNIA II DITEMUKAN OLEH WARGA DESA JENILU, NTT   PENGANGKUTAN TANAH TERPAPAR LIMBAH RADIOAKTIF DI TANGSEL DILANJUTKAN SENIN, 17 FEBRUARI 2020   PETUGAS BADAN PENGAWAS TENAGA NUKLIR (BAPETEN) GUNAKAN SENSOR UNTUK DETEKSI SISA ZAT RADIOAKTIF DI TANGSEL   KLHK BANGUN KEBUN BIBIT DESA DI DAERAH ALIRAN SUNGAI BENGAWAN SOLO DAN SERAYU, JATENG, UNTUK REHABLITASI LAHAN KRITIS