HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / nasional / singkap

Menanti Ibu Kota Baru Pindah Ke Kalimantan

Kamis, 11 Juli 2019 | 20:00 WIB

Rencana menggantikan Jakarta sebagai ibu kota telah bergulir sejak jaman Belanda. Setelah Indonesia Merdeka, Pemerintah kembali meneruskan rencana tersebut dengan membentuk Panitya Agung di tahun 1947. Bahkan Presiden Soekarno menjadi salah satu anggota Panitya Agung.

Tugas Panitya Agung adalah menyelidiki dan merencanakan penempatan ibu kota negara. Muncullah nama sejumlah daerah yang diusulkan untuk menggantikan Jakarta sebagai ibu kota, yakni Bandung, Malang, Surabaya, Surakarta, hingga Kabupaten Temanggung dan Magelang.

Presiden Sukarno lalu mengusulkan Palangka Raya di Kalimantan Tengah sebagai ibu kota baru. Palangka Raya ketika itu adalah daerah baru yang diresmikan Sukarno 17 Juli 1957. Sukarno memilih nama Palangka Raya untuk kota baru itu, yang berarti "tempat suci, mulia, dan agung". Namun wacana ini kandas lagi.

Dalam peringatan ulang tahun ke-437 Jakarta tanggal 22 Juni 1964, Sukarno malah menetapkan Jakarta sebagai ibu kota negara lewat Undang Undang Nomor 10 Tahun 1964.

Pada era Soeharto, sempat muncul gagasan menjadikan daerah Jonggol, Bogor, sebagai ibu kota negara. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melangkah lebih maju dengan membentuk sebuah tim khusus yang bertugas mengkaji pemindahan ibu kota. Namun, selama dua periode pemerintahannya, hasil kajian tak pernah diungkap menyeluruh ke publik. Rencana pemindahan ibu kota pun menguap kembali.

Tahun 2017, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro bahkan menyebut kemacetan di Jakarta mengakibatkan kerugian Rp 67,5 triliun. Beban berat Jakarta inilah yang mungkin menjadi alasan Presiden Jokowi kembali mewacanakan pemindahan ibu kota.

Menteri Agraria Tata Ruang (ATR) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil menyebutlokasi ibu kota baru akan berada di Provinsi Kalimantan Timur. "Iya Kaltim, benar. Tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana," kata Sofyan kepada wartawan di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (22/8/2019) siang. "Begitu diputuskan di mana lokasi tepatnya akan kami kunci [lahannya]," tambahnya.

Sebelumnya ada tiga kandidat provinsi pengganti Jakarta. Selain Kaltim, ada nama Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Luas lahan yang diperlukan minimal 3.000 hektare. Di sana akan dibangun fasilitas utama seperti gedung pemerintahan dan legislatif. Luas lahan akan bertambah seiring dengan penambahan fasilitas publik seperti taman kota.Ibukota baru akan mulai dibangun pada 2021. Perpindahan rencananya akan mulai dilakukan pada tahun 2023-2024. Ongkosnya Rp466 triliun dengan didukung investasi, KPBU, dan APBN.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
12:34
GAGAL KALAHKAN REAL SOCIEDAD, PEMAIN BARCELONA SERGIO BUSQUETS PERTANYAKAN STANDAR GANDA VAR   MAURIZIO SARRI SEBUT EMRE CAN ATAU ADRIEN RABIOT AKAN BERMAIN INTI SAAT LAGA MELAWAN UDINESE PADA PEKAN KE-16 SERIE A   DANNY MURPHY SARANKAN MANCHESTER UNITED MEMBELI RAUL JIMENEZ UNTUK MENAMBAH AMUNISI DI LINI DEPAN   MAURIZIO SARRI: GONZALO HIGUAIN, PAULO DYBALA, DAN CRISTIANO RONALDO HANYA DIMAINKAN BERSAMA PADA KONDISI KHUSUS   MENPORA & GUBERNUR DKI RESMIKAN SEKOLAH BERKUDA STANDAR INTERNASIONAL DI JIEPP, PULO MAS JAYA, JAKARTA    PT JASA MARGA MEMPREDIKSI TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK ATAU JAPEK II MAMPU KURANGI KEPADATAN HINGGA 40 PERSEN   MENTERI PUPR: KAWASAN PERMUKIMAN NELAYAN PERLU MENDAPAT PERHATIAN KHUSUS SEKALIGUS MENCIPTAKAN LAPANGAN KERJA   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO MENYATAKAN SIAP BANTU PARA NELAYAN INDONESIA UNTUK MEMILIKI RUMAH LAYAK HUNI   MENTERI TETEN MASDUKI SEBUT INDONESIA KALAH DARI TIONGKOK, KORSEL, DAN THAILAND DALAM PENGEMBANGAN EKSPOR UMKM   MENTERI KOPERASI DAN UKM TETEN MASDUKI PASTIKAN INDONESIA TAK AKAN IMPOR CANGKUL TAHUN DEPAN   GUBERNUR KHOFIFAH: LEBIH DARI 80 PERSEN KEBUTAAN DI JAWA TIMUR DISEBABKAN KATARAK YANG TAK TERTANGANI   GUBERNUR KHOFIFAH SEBUT JUMLAH PENDERITA KATARAK DI JAWA TIMUR TINGGI & MELAMPUI JUMLAH RATA-RATA NASIONAL   GUBERNUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA BERHARAP PROVINSI JAWA TIMUR BISA BEBAS DARI KATARAK PADA 2023   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: JUMLAH PEJALAN KAKI DI JAKARTA PALING RENDAH DIBANDING KOTA BESAR LAINNYA