HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional singkap

Perjalanan Panjang Lambang Negara - SINGKAP

Rabu, 10 Juli 2019 | 19:00 WIB

Gedung Pancasila adalah salah satu gedung milik kementrian luar negeri dan peninggalan kolonial, berdiri sejak tahun 1830 oleh arsitek J.Tromp. Bangunan ini merupakan bangunan cagar budaya yang semula diperuntukkan kediaman panglima tentara perang kerajaan Belanda saat itu.

Silih berganti fungsi dari gedung ini sejak jaman pendudukan Belanda hingga Jepang. Namun yang pasti tidak akan terlupakan adalah gedung ini telah menjadi saksi pidato lahirnya pancasila oleh Bung Karno di tanggal 1 Juni 1945. Tak hanyasejarahnya, arsitektur bangunan ini juga sangat menarik, karena bergaya neoklasik dan sarat akan kemegahan.

Berbicara mengenai gedung pancasila dan sejarah pancasila, tak lepas dari cerita lambang negara yaitu burung garuda pancasila.Garuda pancasila yang kita kenal sekarang merupakan rancangan terakhir dari proses yang panjang darihasil karya seorang Sultan Hamid II. Hal itu bisa terajdi karena Presiden Soekarno menugaskan Sultan Hamid untuk menyiapkan gedung parlemen dan lambang negara berdasarkan konstitusi RIS tahun 1949.

Berbekal sketsa-sketsa berupa garuda,Sultan Hamid merancang lambang negara.

KemudianSultan Hamid harus melewati beberapa proses dan revisi, hingga diserahkan kepada presiden Soekarno untuk diberi disposisi berisi pernyataan presiden Soekarno yang menetapkan sketsa itulah yang harus dipakai menjadi lambang negara pada 20 Maret 1950.

Editor : edika ipelona



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
00:41
JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 5.439.559 POSITIF, 2.185.696 SEMBUH, 345.589 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS: 1.646.495 POSITIF, 366.736 SEMBUH, 97.811 MENINGGAL DUNIA   ANGKA KASUS POSITIF DAN KEMATIAN KARENA KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA   PRESIDEN AS DONALD TRUMP MENGAKU TAK LAGI MENGONSUMSI OBAT MALARIA, HIDROKSIKLOROKUIN, UNTUK MELAWAN KORONA   KEMENKES MALAYSIA: 38 WNI DI DEPO TAHANAN IMIGRASI DI SEPANG POSITIF TERINFEKSI KORONA   SEBANYAK 297 NARAPIDANA DI LAPAS KELAS IIA KENDARI, SULAWESI TENGGARA, TERIMA REMISI LEBARAN   PEMKOT SAMARINDA, KALIMANTAN TIMUR, TETAPKAN STATUS TANGGAP DARURAT BANJIR HINGGA 4 JUNI 2020   SEBANYAK 16 PETAK TOKO DI PASAR RAYA PADANG, SUMATERA BARAT, HANGUS TERBAKAR   JUMLAH KASUS KORONA DI BENGKULU: 69 POSITIF, 9 SEMBUH, 2 MENINGGAL DUNIA   PEMKAB LEBONG, BENGKULU, TUTUP PINTU PERBATASAN HINGGA 27 MEI 2020 GUNA CEGAH PENYEBARAN KORONA   MASA PEMBERLAKUKAN PSBB DI SURABAYA RAYA DIPERPANJANG HINGGA 8 JUNI 2020   DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI: KUALITAS UDARA JAKARTA SAAT LEBARAN 2020 JADI YANG TERBAIK SEJAK 5 TAHUN TERAKHIR   ACHMAD YURIANTO: KITA HARUS KEMBALI PRODUKTIF NAMUN TETAP AMAN DARI PENULARAN KORONA   JUBIR PEMERINTAH PENANGANAN KORONA, ACHMAD YURIANTO: BANYAK ANAK-ANAK YANG TERTULAR COVID-19 DARI ORANG DEWASA