HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional singkap

Akulturasi Islam Sunan Kudus - SINGKAP

Selasa, 9 Juli 2019 | 20:00 WIB

Tercatat ada sebanyak 86 pondok pesantren di Kudus yang tersebar di berbagai kecamatan. Salah satunya berada di kecamataan Undaan, yang dikenal dengan Pesantren Seni Rupa dan Kaligrafi.

Salah satu pesantren yang mengedepankan syiar islam dengan cara menarik yaitu mempelajari seni indah menulis Al-Quran.

Penyebaran islam pertama di tanah Kudus berawal dari pindahnya Sunan Kudus, dari kerajaan Demak menuju sebuah wilayah bernama Tajuk. Wilayah Tajuk pun berganti nama menjadi Kudus, dan disana Sunan Kudus mendirikan sebuah masjid bernama Al-Aqsa pada tahun 1549 Masehi. Hingga masjid tersebut menjadi pusat dari kota Kudus kala itu. Dari masjid inilah, perjuangan Sunan Kudus mensyiarkan agama islam dimulai. Pendekatannya tanpa paksaan, dan menghormati nilai kepercayan pra islam yang masih dianut oleh masyarakat sekitar.

Yang paling menarik adalah arsitektur yang diterapkan Sunan Kudus dalam pembangunan masjid yang kini dikenal dengan Masjid Menara Kudus dengan gaya Jawa-Hindu. Ini terlihat denganberdirinya satu menara kokoh yang ada di pekarangan masjid. Selain menara, terdapat contoh arsitektur unik lainnya pada masjid yang sarat akan bentuk akulturasi.

Selain kental dengan goresan budaya Jawa, masjid ini juga menyimpan sejumlah peninggalan yang dibuat dengan nuansa kepercayaan pra islam. Tak hanya unik, peninggalan tersebut juga menyimpan banyak cerita menarik untuk ditelisik.

Editor : edika ipelona



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
00:32
JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 5.439.559 POSITIF, 2.185.696 SEMBUH, 345.589 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS: 1.646.495 POSITIF, 366.736 SEMBUH, 97.811 MENINGGAL DUNIA   ANGKA KASUS POSITIF DAN KEMATIAN KARENA KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA   PRESIDEN AS DONALD TRUMP MENGAKU TAK LAGI MENGONSUMSI OBAT MALARIA, HIDROKSIKLOROKUIN, UNTUK MELAWAN KORONA   KEMENKES MALAYSIA: 38 WNI DI DEPO TAHANAN IMIGRASI DI SEPANG POSITIF TERINFEKSI KORONA   SEBANYAK 297 NARAPIDANA DI LAPAS KELAS IIA KENDARI, SULAWESI TENGGARA, TERIMA REMISI LEBARAN   PEMKOT SAMARINDA, KALIMANTAN TIMUR, TETAPKAN STATUS TANGGAP DARURAT BANJIR HINGGA 4 JUNI 2020   SEBANYAK 16 PETAK TOKO DI PASAR RAYA PADANG, SUMATERA BARAT, HANGUS TERBAKAR   JUMLAH KASUS KORONA DI BENGKULU: 69 POSITIF, 9 SEMBUH, 2 MENINGGAL DUNIA   PEMKAB LEBONG, BENGKULU, TUTUP PINTU PERBATASAN HINGGA 27 MEI 2020 GUNA CEGAH PENYEBARAN KORONA   MASA PEMBERLAKUKAN PSBB DI SURABAYA RAYA DIPERPANJANG HINGGA 8 JUNI 2020   DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI: KUALITAS UDARA JAKARTA SAAT LEBARAN 2020 JADI YANG TERBAIK SEJAK 5 TAHUN TERAKHIR   ACHMAD YURIANTO: KITA HARUS KEMBALI PRODUKTIF NAMUN TETAP AMAN DARI PENULARAN KORONA   JUBIR PEMERINTAH PENANGANAN KORONA, ACHMAD YURIANTO: BANYAK ANAK-ANAK YANG TERTULAR COVID-19 DARI ORANG DEWASA