HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional aiman

Kerusuhan Pasca Pemilu, Apa yang Dituju? - AIMAN (1)

Rabu, 26 Juni 2019 | 22:00 WIB

Kerusuhan pasca pilpres, 21-22 Mei lalu masih mengundang sejumlah pertanyaan. Termasuk di antaranya, apa tujuan yang hendak dicapai dari aksi rusuh massa di beberapa titik lokasi di Jakarta ini. Namun sebuah informasi baru mencuat. Ada dugaan bahwa 9 korban tewas dalam kerusuhan tersebut dieksekusi di sebuah tempat, lalu sejumlah dari korban ini di drop dan diletakkan di tempat kerusuhan, Petamburan, Jakarta Pusat, benarkah?

Dugaan ini lantas diperkuat oleh seorang peneliti senior yang juga merupakan Ketua Tim Investigasi Kerusuhan 98, Hermawan Sulistyo atau yang akrab disapa Kiki. Menurutnya, jika para korban tewas ini dieksekusi di lokasi kerusuhan maka seharusnya ada saksi yang melihat. Namun hal ini tidak terjadi lantaran tak ada satupun saksi yang melihat aksi penembakan meski di lokasi terdapat ribuan massa kerusuhan. Tak hanya itu, Kiki juga mengutarakan adanya tujuan besar yang hendak dicapai dalang dari kerusuhan ini? Apakah itu?

Selain Hermawan Sulistyo, jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono juga mewawancarai Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan. Menurut peneliti senior ini, pasca kerusuhan 22 Mei, ada peningkatan rasa takut di masyarakat untuk berbicara politik. Apakah hal ini lantas membuat masyarakat semakin enggan untuk berbicara politik dan takut berdemokrasi? Saksikan program Aiman episode Kerusuhan Pasca Pemilu, Apa yang Dituju bagian pertama berikut ini?

Editor : edika ipelona



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
06:29
POLRES JAKARTA SELATAN KOMBES BUDI SARTONO TANGKAP TIGA PILOT TERKAIT DUGAAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA   KEMENAG IMBAU SEBAIKNYA MASJID TIDAK GELAR SHALAT IDUL ADHA TANPA MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KOMISI YUDISIAL LIBATKAN KPK DAN PPATK DALAM SELEKSI CALON HAKIM AGUNG   TERPIDANA KASUS PENGANIAYAAN REMAJA, BAHAR SMITH, DIPINDAHKAN KE LAPAS KELAS IIA GUNUNG SINDUR BOGOR   MUI MINTA MASYARAKAT TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SAAT PELAKSANAAN PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN    MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO SEBUT 1,7 JUTA ORANG TERVERIFIKASI TERIMA PELATIHAN “OFFLINE”   KAPOLRI JENDERAL IDHAM AZIS APRESIASI POLISI MALANG KOTA YANG MAKAMKAN JENAZAH COVID-19   POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA, EMPAT CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS HALUOLEO, KENDARI, BATAL UJIAN SBMPTN   MENAKER IDA FAUZIYAH MINTA PEKERJA SELALU TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN KARENA PANDEMI KORONA BELUM SELESAI    GUBERNUR JAWA BARAT RIDWAN KAMIL INGIN KELUARGA SISWA SECAPA ANGKATAN DARAT DITES KORONA   KETUA KPU ARIEF BUDIMAN BERHARAP ANGGARAN TAMBAHAN PILKADA TAHAP II CAIR TEPAT WAKTU   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA MENILAI KRL BELUM AMAN UNTUK MENAMBAH KAPASITAS PENUMPANG   KETUA KPU ARIEF BUDIMAN SEBUT PROTOKOL KESEHATAN DI 270 DAERAH PENYELENGGARA PILKADA DIATUR SAMA   PEMKOT TANGERANG MINTA 993 ASN MENGAWASI LANGSUNG PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN MASYARAKAT