HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional singkap

Sang Maestro Pengobar Semangat Juang - SINGKAP

Kamis, 13 Juni 2019 | 21:00 WIB

Ismail atau yang akrab disapa Mail, lahir dari keluarga pecinta musik. Dari situlah kecintaan Mail terhadap musik semakin berkembang dan mendalam. Sebuah Orkes bernama Orkes Lief Java, grup musik yang sedang populer itu menjadi wadah pertama Mail dalam bermusik secara profesional saat usianya 17 tahun. Tak hanya memainkan berbagai alat musik, Mail juga kerap tampil sebagai penyanyi, menulis lirik, hingga mengaransemen lagu. Seni keroncong yang dulunya hanya digemari oleh beberapa golongan mendadak menjadi populer dan terdengar dimana-mana.

Tahun 1940, Ismail menikah dengan seorang biduanita keroncongsekaligus penembang sunda. Keduanya bertemu dan tergabung dalam satu orkes yang sama di Bandung. Untuk melengkapi hidup keduanya mengangkat seorang anak bernama Rahmi Aziah. Rahmi tumbuh ditengah keluarga kecil yang bahagia dan diwarnai musik.

Lagu-lagu Mail pun terkenal dan melegenda dengan nada yang ringan dan jenaka, bahkan sarat akan sindiran kritik sosial hingga politik.

Tak berhenti pada nama Ismail Marzuki, musisi kebanggaan Indonesia juga jatuh kepada pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, yaitu Wage Rudolf Supratman. Dari Karya WR Supratman tercipta simphoni yang menjadi simbol persatuan Indonesia. Kecintaanya terhadap musik berawal dari peruntungannya dalam profesi menjadi wartawan, dari profesi inilah justru menumbuhkan rasa cinta terhadap Indonesia.

Penulis : edika ipelona



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
23:42
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MENGKLAIM KASUS PENOLAKAN RENOVASI GEREJA DI KARIMUN, KEPRI, SUDAH SELESAI    MENPAN RB TJAHJO KUMOLO TEGASKAN ASN WAJIB SETIA TERHADAP PANCASILA SEPERTI TNI    MENLU RETNO MARSUDI SEBUT PEMERINTAH MEMBANTU LOGISTIK UNTUK 78 WNI YANG DIKARANTINA DI KAPAL DIAMOND PRINCESS   KEMENTERIAN PPPA MINTA ASESMEN SECARA DETAIL TERKAIT PEMULANGAN ANAK-ANAK ISIS ASAL INDONESIA   PEMPROV JATENG KIRIM 41.250 BUAH MASKER UNTUK WNI YANG BERADA DI HONG KONG, TAIWAN, DAN SINGAPURA   SOAL LARANGAN PRESIDEN JOKOWI KE KEDIRI, PRAMONO ANUNG: PRESIDEN KITA TIDAK TAKUT KE MANA-MANA   JEPANG MENCATAT DIRI SEBAGAI NEGARA DENGAN KASUS TERBANYAK KEDUA YANG TERINFEKSI VIRUS KORONA SETELAH TIONGKOK   MENTERI LHK SITI NURBAYA SEBUT PENUTUPAN TAMBANG TAK BERIZIN AKAN DIMULAI DI KAWASAN HALIMUN SALAK   WAPRES MENGATAKAN PEMERINTAH AKAN MENUTUP SEKITAR 8.000 TITIK TAMBANG TANPA IZIN YANG ADA DI SELURUH INDONESIA    KUASA HUKUM TERDAKWA HERMAWAN SUSANTO YANG ANCAM PRESIDEN JOKOWI MENILAI TUNTUTAN JAKSA TIDAK MASUK AKAL   SIDANG LANJUTAN TERDAKWA HERMAWAN SUSANTO YANG ANCAM PRESIDEN JOKOWI DI GELAR PEKAN DEPAN DI PN JAKPUS   PEMKOT MALANG MENDAPATKAN INVESTASI RP 36 MILIAR DARI TIONGKOK UNTUK PROYEK PEMBANGUNAN LINTAS REL TERPADU