Kompas TV nasional aiman

Kerusuhan, Makar, & Sosok Bersenjata Api - AIMAN (5)

Kompas.tv - 13 Juni 2019, 17:40 WIB
Penulis : Edika ipelona

Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono mewawancarai Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik terkait temuan dan catatan Komnas HAM pasca Kerusuhan 22 Mei lalu. Kerusuhan itu merenggut delapan korban jiwa. Taufan membenarkan kabar yang beredar bahwa para korban tewas akibat peluru tajam.

Taufan juga menambahkan ada kemungkinan besar pelaku ada sosok misterius. “Ada korban bernama Harun, jenazahnya ditemukan jauh dari lokasi kejadian sehari setelah kerusuhan. Harun bukan peserta demo karena pada saat bersamaan Ia sedang bersekolah. Esoknya, Ia pergi bermain layang-layang dan dinyatakan hilang setelahnya. Ia kemudian ditemukan di RS Polri. Kami melihat ia terjebak dalam kerusuhan,” ungkap Taufan. Oleh karenanya, Komnas HAM setuju bahwa Kerusuhan 22 Mei lalu telah disiapkan rapi dan terencana oleh orang berpengalaman.

Kini, Komnas HAM mengantongi 70 nama yang dilaporkan hilang pasca Kerusuhan 22 Mei. Namun, data ini perlu diverifikasi, apakah memang benar hilang, melarikan diri atau bagian dari pelaku yang ditangkap polisi. Komnas HAM juga akan mengusut kemungkinan pelanggaran SOP oleh aparat penegak hukum dalam mengatasi kerusuhan 22 Mei. Simak jawabannya dalam program Aiman bagian 5 episode “Kerusuhan, Makar, dan Sosok Bersenjata Api”.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x