Kompas TV nasional aiman

Surat Wasiat & Penghitungan Akhir - AIMAN (3)

Kompas.tv - 31 Mei 2019, 01:20 WIB
Penulis : Edika ipelona

Pada 22 April lalu, Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono meninjau proses penghitungan suara tingkat kecamatan. Sejumlah kotak suara masih tersegel menunggu giliran direkapitulasi. Sementara, para saksi menyaksikan proses penghitungannya. Selain itu, Aiman juga mengunjungi proses pengumpulan data hasil Pemilu 2019 di KPU Pusat.

Sebelumnya, tersebar informasi terjadi kesalahan penghitungan C1 saat proses awal pengumpulan data. Ketua KPU Arief Budiman menyatakan hal itu terjadi saat petugas memasukkan data C1 dalam formatonlinedi beberapa tempat. Ia membantah hal ini sebagai tindakan yang disengaja. “Kalau disengaja, untuk apa kami mempublikasikannya,” jelas Arief.

Ketua KPU Arief Budiman juga menunjukkan data hasil Pemilu 2019 yang terus diperbarui dan dapat diakses publik melalui websitePemilu2019.kpu.go.id.

Per 22 April lalu, suara masuk baru mencapai 14 persen. Situng KPU juga mencantumkan hasil pindai formulir C1, yakni hasil penghitungan pasca pencoblosan di TPS.

Arief Budiman menjelaskan pindai C1 ini kemudian akan dimasukkan menjadi data kuantitatif, sementara bukti otentik C1 berada di kecamatan.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.