Kompas TV nasional kompas bisnis

Impor Kuartal 2 Bengkak, Neraca Dagang Tekor

Kompas.tv - 20 Mei 2019, 13:40 WIB

Barang konsumsi diprediksi akan mendominasi neraca impor di kuartal kedua. Kebutuhan impor barang konsumsi trennya selalu meningkat saat Ramadan dan Lebaran.

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan nilai impor untuk barang konsumsi meningkat dalam 3 bulan terakhir. Di bulan februari 1,01 miliar dollar Amerika Serikat naik jadi 1,15 miliar dollar bulan februari dan di Maret naik 24,12 persen menjadi 1,42 miliar dollar Amerika Serikat.

Ekonom menilai usaha pemerintah dalam menekan impor terlihat tak efektif. Industri domestik harusnya digalakkan penanaman modal asing ditingkatkan. Menarik investor asing bukan hanya soal insentif pajak tetapi kemudahan regulasi usaha.

Konsumsi rumah tangga yang patut diakui kebanyakan dari impor ini memang digadang-gadang jadi motor pertumbuhan ekonomi kuartal 2. Tapi jangan lupa untuk tetap menekan defisit dagang. Agar ekonomi tetap tumbuh berkualitas.

#Impor #NeracaDagang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.