HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV feature food story

Kuliner Kota Partria - FOOD STORY (3)

Minggu, 19 Mei 2019 | 04:00 WIB

Pada episode kali ini Benoe akan menjelajahi kuliner di kota Patria, Blitar. Tujuan pertama Benoe adalah berburu sarapan khas kota ini, yaitu Soto Bok Ireng. Soto ini sudah ada sejak zaman Belanda. Soto Bok Ireng ini memakai resep Soto khas Madura. Disajikan dalam mangkok kecil, satu porsi soto berisi nasi, tauge, dan daging serta jeroan sapi. Benoe juga berburu Es yang hanya ada di kota Blitar, namanya es Dopp. Sejenis es lilin dengan berbagai macam rasa dan dijual keliling dengan sepeda.

Benoe mendatangi Warung Tewel Mbah Martumi. Masakan yang dijajakan di sini dikenal dengan sebutan Sayur Lodho Blendi atau sayur pedas. Benoe memesan Blendi Tewel atau nangka, Blendi Rebung, Ayam Lodho, Tempe, Tahu dan Perkedel Kentang.

Selama di Blitar, Benoe menginap di Hotel Tugu – Sri Lestari. Tak hanya menginap, Benoe juga mengikuti aktifitas Eco Tour di perkebunan Kopi Tugu Kawisari. Selain berpetualang di perkebunan, Benoe juga menikmati Kopi dan Sawut. Untuk makan siangnya, disajikan Pecel khas Blitar.

Bersama chef hotel, Benoe juga akan memasak menu khas Blitar Ikan Gabus Bumbu Kluwek. Untuk kudapan tradisionalnya, Benoe akan diajari Bu Mus membuat Samplok. Kue yang terbuat dari singkong paut dan kedelai hitam.

Bagaimana keseruan perjalanan Benoe berburu “Kuliner Kota Patria”? Saksikan cerita lengkapnya di Food Story.

Penulis : edika ipelona



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
08:37
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB   PROMO 4 TAHUN SEKALI! DISKON 50 PERSEN BELANJA DI GERAI.KOMPAS.ID. AKSES KLIK.KOMPAS.ID/KABISAT2020   PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON KHAWATIR DALAM WAKTU 24 JAM ADA 20 KASUS PASIEN POSITIF TERINFEKSI KORONA   SETELAH SEBELUMNYA DINYATAKAN SEMBUH, PASIEN DI JEPANG KEMBALI POSITIF VIRUS KORONA    CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, ISRAEL TOLAK PELANCONG ASAL ITALIA    KEJAKSAAN AGUNG PERIKSA PERWAKILAN BANK MANDIRI DAN STANDARD CHARTERED TELUSURI ASET TERSANGKA KASUS JIWASRAYA   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 5,7 YANG MENGGUNCANG KEPULAUAN SANGIHE, SULAWESI UTARA, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   KBRI DI KOREA SELATAN TUTUP SEMENTARA UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   KABARESKRIM SEBUT PENOLAKAN PEMBANGUNAN GEREJA DI KARIMUN, KEPULAUAN RIAU, TERKAIT PILKADA   GURU BESAR UNIVERSITAS GAJAH MADA SAN AFRI AWANG BANTAH ADA PENGHAPUSAN AMDAL DI RUU "OMNIBUS LAW"   KEMENDIKBUD IMBAU SEKOLAH BENTUK TIM PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN    ANTISIPASI CURAH HUJAN TINGGI JABODETABEK, BPPT MELAKUKAN TEKNIK BARU MENGGUNAKAN BAHAN PENYEMAIAN FLARE   KEPALA BKPM BAHLIL LAHADALIA MINTA PENGUSAHA PATUHI HUKUM ADAT DALAM PROSES PEMBEBASAN LAHAN DI PAPUA