NEWSTICKER
FOOD STORY | 27 April 2019 14:38 WIB

Kue Tradisional Indonesia - FOOD STORY (2)

< 500 Views
Sabtu
27
April
2019
14:38 WIB

Indonesia merupakan negara yang kaya dengan ragam kue tradisionalnya. Pada episode kali ini, Benu akan berburu kue di berbagai daerah Nusantara. Benu ada di Gowa dan menyambangi Toko Kue Adi Jaya. Di sini Benu mencicipi Songkolo dan salah satu kue kesukaannya yaitu Barongko. Selain itu ada pula kue khas Sulawesi Selatan lainnya seperti Bayao Pannyu, Cantik Manis, Bingka Udang, Gogos dan Jalangkote’. Masih di Gowa, Benu juga mau mencicipi Putu Cangkir. Sesuai namanya, putu ini punya bentuk unik mirip cangkir.

Kue tradisional kerap disebut juga Jajanan Pasar karena kue ini awalnya banyak dijual di pasar tradisional. Di Pasar Gedhe Hardjonagoro Solo, Benu mencicipi Lenjongan Yu Sum yang legendaris. Lenjongan terdiri dari beragam jajanan pasar, ada Cenil, Tiwul Gula merah, Tiwul Gula Pasir, Ketan Hitam, Ketan Putih, Getuk, Klepon, Gatot, Sawut, dan Jongkong.

Benu juga mencicipi salah satu kue kesukaan Bung Karno di Muntok Bangka Barat, yaitu Pelite atau kue Sampan. Kue yang terbuat dari tepung beras ini bertekstur lembut dalam wadah takir dari daun pandan. Betawi juga punya jajanan ikonik Kerak Telor. Benu bertemu dan mencicipi Kerak Telor Umi Syamsudin.

Seiring perkembangan zaman, kue tradisional Indonesia berakulturasi. Benupergi ke Bogor untuk melihat proses pembuatan dan mencicipi Bika Bogor Talubi. Bika yang menambahkan talas dan ubi dalam adonannya ini jadi oleh-oleh khas Bogor.

 
TAG : food story kue kue nusantara kue tradisional indonesia
1
2
3
4
5
6
7
VIDEO TERKAIT
06:18
08:39