Kompas TV nasional kompas bisnis

Melihat Resiko di Balik Ambisi Pembentukan Holding BUMN

Kompas.tv - 22 April 2019, 11:02 WIB

Singapura, negara kecil secara wilayah dengan jumlah penduduk sedikit. Tapi gurita bisnisnya tak disangsikan dalam berbagai sektor. Mulai dari keuangan sampai migas meski tanpa sumber minyak. Adalah Temasek, induk usaha di belakang korporasi yang merajalela di luar Singapura. Di Indonesia, Temasek punya saham di sejumlah korporasi strategis. Telkomsel dan Gojek jika dibedah punya DNA Temasek. Sederhananya Temasek adalah "holding BUMN" Pemerintah Singapura.

Menandingi posisi Temasek menjadi ambisi Kementerian BUMN di tanah air. Dalam 5 tahun terakhir "Holding BUMN" menjadi ciri khas "nafsu kerja" Menteri Rini Soemarno. Tidak ada yang salah dengan nafsu besar "melahirkan Temasek ala Indonesia".

Tetapi masih menurut ekonom, BUMN yang merugi sebaiknya disehatkan secara fundamental. Bukan mempercantik laporan keuangan alias "window dressing". Sebaliknya BUMN yang sudah efisien justru didorong ekspansi bukan menganggunya dengan mengawinkan pada BUMN sakit.

#HoldingBUMN #BUMN #KementerianBUMN



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.