Kompas TV nasional aiman

Berebut "Serangan Fajar" - AIMAN (5)

Kompas.tv - 21 April 2019, 15:40 WIB
Penulis : Edika ipelona

Masa tenang Pemilu Raya 2019 berlangsung pada 14 - 16 April 2019. Sepanjang masa tenang ini, para peserta pemilu dilarang lagi memaparkan visi dan misi serta harus membersihkan seluruh spanduk dan alat peraga kampanye. Dua hari jelang pencoblosan, segala upaya merebut suara semakin gencar dilakukan. Ada yang sesuai aturan, namun ada juga yang melanggar kesepakatan. Salah satunya adalah pemberian uang atau materi yang dilakukan selama masa tenang atau beberapa saat jelang pencoblosan yang kerap dikenal dengan istilah serangan fajar.

Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono mewawancarai anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar, terkait upaya pengawasan dan penindakan politik uang, terutama ‘serangan fajar’. Selama proses Pemilu 201, Fritz mengungkap sudah ada 25 caleg telah terdiskualifikasi dari Daftar Calon Tetap (DCT) karena terbukti melakukan politik uang. Bawaslu menjamin akan melaksanakan patroli pengawasan pada malam hari sebelum pemungutan suara untuk mengantisipasi serangan fajar.

Namun, Fritz berpendapat politik uang tetap dapat terjadi dengan konsep ‘prabayar atau pascabayar’ dan tak melulu berbentuk uang tunai. Lantas, apa saja modus politik uang yang berlangsung saat ini? Bagaimana pula Bawaslu memaksimalkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan kecurangan Pemilu?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.