Kompas TV nasional sapa indonesia

Tapile, Kehidupan Bersahaja di Pulau yang Tenang

Kompas.tv - 15 April 2019, 16:30 WIB

Pulau Tapile berada di Kecamatan Siau Timur Selatan, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro atau Sitaro, Sulawesi Utara. Untuk bisa sampai ke Tapile warga bisa menggunakan perahu dari Pelabuhan Ulu Siau di Ondong, ibu kota kabupaten Sitaro.

Perahu yang kerap disebut warga sebagai taksi tradisional ini juga bisa disewa. Setelah menempuh perjalanan selama 1 jam dari kejauhan hamparan pasir putih bak tangan yang terbuka menyambut. Meski terik sepanjang hari angin sepoi menyapu Pulau Tapile. Sangat pas untuk menggelar tikar dan piknik di bawah pohon rindang di sepanjang pesisir.

Melempar pandang ke arah laut terlihat pemandangan perbukitan di pulau-pulau lain di sekitar Tapile. Perairan Tapile jernih. Karang di dasar laut juga tampak jelas. Pulau Tapile merupakan satu desa yang juga bernama Tapile. Mayoritas penduduk desa Tapile beragama Kristen dan menggantungkan hidup dari hasil laut yang melimpah.

Sama seperti desa-desa lain di Indonesia, Desa Tapile juga menerima dana desa. Oleh warga, dana desa dimanfaatkan untuk membuat tanggul pencegah abrasi. Tidak lupa kapasitas warga nelayan juga ditingkatkan dengan membeli alat tangkap dan mesin ketinting.

#PulauTapile #Sitaro #SulawesiUtara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x