HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional singkap

Sanatorium Pertama untuk Wabah Putih - SINGKAP

Senin, 15 April 2019 | 15:00 WIB

Penyakit TBC telah menjadi salah satu penyakit yang menjadi perhatian dunia, termasuk di Indonesia. Itulah mengapa setiap tanggal 24 Maret ditetapkan sebagai hari TB sedunia. Sayangnya, Indonesia menduduki peringkat ketiga dengan kasus TBC tertinggi di dunia. Berpredikat rawan penyakit menular, membuat masyarakat wajib peduli dan waspada terahdap penyakityang dapat mematikan tersebut. Penularan yang terbilang sangat mudah membuat para pasien T-B dikucilkan dari lingkungan, namun dengan hadirnya komunitas TERJANG menjadi warna baru dalam pertarungan para pasien T-B.

Keberadaan TB di Indonesia sendiri, sudah ada sejak zaman kolonial. Pemerintah Hindia Belanda pun cukup memberikan perhatian terhadap penyakit ini, mengingat penyakit ini semakin mewabah pasca perang dunia pertama dan kedua. Walaupun belum ditemukan obat khusus T-B, sebuah tempat yang disebut dengan "sanatorium"didirikan sebagai tempat untuk meng-isolasi dan perawatan khusus untuk para pasien T-B, untuk menghindari persebaran bakterinya.

Lantas, seperti apa kondisi sanatorium pertama yang ada di Indonesia? Dan bagaimana perawatan yang coba diterapkan para pasien TBdisana kala itu?

#TBC #Tuberculosis #Tuberkulosis

Penulis : edika ipelona



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
23:18
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MENGKLAIM KASUS PENOLAKAN RENOVASI GEREJA DI KARIMUN, KEPRI, SUDAH SELESAI    MENPAN RB TJAHJO KUMOLO TEGASKAN ASN WAJIB SETIA TERHADAP PANCASILA SEPERTI TNI    MENLU RETNO MARSUDI SEBUT PEMERINTAH MEMBANTU LOGISTIK UNTUK 78 WNI YANG DIKARANTINA DI KAPAL DIAMOND PRINCESS   KEMENTERIAN PPPA MINTA ASESMEN SECARA DETAIL TERKAIT PEMULANGAN ANAK-ANAK ISIS ASAL INDONESIA   PEMPROV JATENG KIRIM 41.250 BUAH MASKER UNTUK WNI YANG BERADA DI HONG KONG, TAIWAN, DAN SINGAPURA   SOAL LARANGAN PRESIDEN JOKOWI KE KEDIRI, PRAMONO ANUNG: PRESIDEN KITA TIDAK TAKUT KE MANA-MANA   JEPANG MENCATAT DIRI SEBAGAI NEGARA DENGAN KASUS TERBANYAK KEDUA YANG TERINFEKSI VIRUS KORONA SETELAH TIONGKOK   MENTERI LHK SITI NURBAYA SEBUT PENUTUPAN TAMBANG TAK BERIZIN AKAN DIMULAI DI KAWASAN HALIMUN SALAK   WAPRES MENGATAKAN PEMERINTAH AKAN MENUTUP SEKITAR 8.000 TITIK TAMBANG TANPA IZIN YANG ADA DI SELURUH INDONESIA    KUASA HUKUM TERDAKWA HERMAWAN SUSANTO YANG ANCAM PRESIDEN JOKOWI MENILAI TUNTUTAN JAKSA TIDAK MASUK AKAL   SIDANG LANJUTAN TERDAKWA HERMAWAN SUSANTO YANG ANCAM PRESIDEN JOKOWI DI GELAR PEKAN DEPAN DI PN JAKPUS   PEMKOT MALANG MENDAPATKAN INVESTASI RP 36 MILIAR DARI TIONGKOK UNTUK PROYEK PEMBANGUNAN LINTAS REL TERPADU