Kompas TV nasional singkap

Sanatorium Pertama untuk Wabah Putih - SINGKAP

Kompas.tv - 15 April 2019, 15:00 WIB
Penulis : Edika ipelona

Penyakit TBC telah menjadi salah satu penyakit yang menjadi perhatian dunia, termasuk di Indonesia. Itulah mengapa setiap tanggal 24 Maret ditetapkan sebagai hari TB sedunia. Sayangnya, Indonesia menduduki peringkat ketiga dengan kasus TBC tertinggi di dunia. Berpredikat rawan penyakit menular, membuat masyarakat wajib peduli dan waspada terahdap penyakityang dapat mematikan tersebut. Penularan yang terbilang sangat mudah membuat para pasien T-B dikucilkan dari lingkungan, namun dengan hadirnya komunitas TERJANG menjadi warna baru dalam pertarungan para pasien T-B.

Keberadaan TB di Indonesia sendiri, sudah ada sejak zaman kolonial. Pemerintah Hindia Belanda pun cukup memberikan perhatian terhadap penyakit ini, mengingat penyakit ini semakin mewabah pasca perang dunia pertama dan kedua. Walaupun belum ditemukan obat khusus T-B, sebuah tempat yang disebut dengan "sanatorium"didirikan sebagai tempat untuk meng-isolasi dan perawatan khusus untuk para pasien T-B, untuk menghindari persebaran bakterinya.

Lantas, seperti apa kondisi sanatorium pertama yang ada di Indonesia? Dan bagaimana perawatan yang coba diterapkan para pasien TBdisana kala itu?

#TBC #Tuberculosis #Tuberkulosis



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x