HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional aiman

Tersihir Isu Kiamat - AIMAN (1)

Rabu, 3 April 2019 | 18:13 WIB

Sejak Februari hingga Maret 2019, ratusan warga di Ponorogo, Jember, Jombang, dan Mojokerto, Jawa Timur, diam-diam pindah ke Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Falahin Mubtadi'in (MFM) di Kasembon, Kabupaten Malang. Belakangan mereka pindah untuk mengikuti persiapan "akhir zaman". Mereka adalah Jamaah Thoriqoh Musa di Ponpes Kasembon yang meyakini kiamat akan datang dalam waktu dekat.

Selain meninggalkan keluarga dan pendidikan anak, mereka pun menjual semua aset jauh dibawah harga pasaran, sebelum berangkat ke Ponpes Kasembon. Pun, hewan ternak dihargai sangat murah. Warga menggunakan hasil penjualan sebagai bekal hidup di Ponpes Kasembon sampai "akhir zaman", yang diprediksi pada 2022, tiba.

Apa yang melatarbelakangi warga berbondong-bondong pindah ke Ponpes Kesambon? Apakah benar "akhir zaman" akan terjadi sebentar lagi? Dan, bagaimana Pemerintah Propinsi Jawa Timur menangani fenomena sosial ini?

Jurnalis Kompas TV Aiman Witjaksono berkunjung ke Pondok Pesantren Kasembon untuk melihat secara langsung persiapan "akhir zaman". Bahkan, seluruh logistik disiapkan untuk ribuan orang.

Editor : edika ipelona



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
20:11
JUMLAH KASUS KORONA DI ARMENIA: 9.492 POSITIF, 3.402 SEMBUH, 139 MENINGGAL DUNIA   PM ARMENIA NIKOL PASHINYAN MENYATAKAN DIA BERSAMA DENGAN KELUARGANYA POSITIF TERINFEKSI KORONA   ANGGOTA POLSEK DAHA SELATAN, KALSEL, BRIGADIR LEONARDO LATUPA YANG DISERANG KELOMPOK TERORIS NAIK PANGKAT   KEMENDAG: PENGUNJUNG PASAR DAN TOKO SWALAYAN DIBATASI MAKSIMAL 40% SAAT PENERAPAN TATANAN NORMAL BARU   JUMLAH PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN DIBATASI 35% SAAT KENORMALAN BARU DITERAPKAN   KEMENDAG: PENGELOLA PUSAT PERBELANJAAN WAJIB TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN YANG KETAT SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL""   PSBB DI KOTA TANGERANG SELATAN DIPERPANJANG HINGGA 14 JUNI 2020   DITANGKAP KARENA GANJA, ARTIS PERAN DWI SASONO AJUKAN ASESMEN REHABILITASI   KABID HUMAS POLDA METRO JAYA: ARTIS PERAN DWI SASONO RUTIN KONSUMSI GANJA SELAMA BERADA DIRUMAH   HINGGA 1 JUNI 2020, DINKES DKI JAKARTA UJI 152.436 SPESIMEN DENGAN METODE PCR   HINGGA AKHIR MEI 2020, KEMENPERIN TERBITKAN SEKITAR 17.000 IZIN OPERASIONAL MOBILITAS DAN KEGIATAN INDUSTRI (IOMKI)   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO INGATKAN ASN BERADAPTASI DENGAN SISTEM KERJA BARU SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL"   KAPOLRI JENDERAL IDHAM AZIS AJAK MASYARAKAT TINGKATKAN PERSATUAN DAN KESATUAN DALAM PENERAPAN "NEW NORMAL"   YLBHI MINTA TNI TAK DILIBATKAN DALAM KENORMALAN BARU KARENA BERTENTANGAN DENGAN REFORMASI DAN TAP MPR