Kompas TV nasional aiman

Tersihir Isu Kiamat - AIMAN (1)

Kompas.tv - 3 April 2019, 18:13 WIB
Penulis : Edika ipelona

Sejak Februari hingga Maret 2019, ratusan warga di Ponorogo, Jember, Jombang, dan Mojokerto, Jawa Timur, diam-diam pindah ke Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Falahin Mubtadi'in (MFM) di Kasembon, Kabupaten Malang. Belakangan mereka pindah untuk mengikuti persiapan "akhir zaman". Mereka adalah Jamaah Thoriqoh Musa di Ponpes Kasembon yang meyakini kiamat akan datang dalam waktu dekat.

Selain meninggalkan keluarga dan pendidikan anak, mereka pun menjual semua aset jauh dibawah harga pasaran, sebelum berangkat ke Ponpes Kasembon. Pun, hewan ternak dihargai sangat murah. Warga menggunakan hasil penjualan sebagai bekal hidup di Ponpes Kasembon sampai "akhir zaman", yang diprediksi pada 2022, tiba.

Apa yang melatarbelakangi warga berbondong-bondong pindah ke Ponpes Kesambon? Apakah benar "akhir zaman" akan terjadi sebentar lagi? Dan, bagaimana Pemerintah Propinsi Jawa Timur menangani fenomena sosial ini?

Jurnalis Kompas TV Aiman Witjaksono berkunjung ke Pondok Pesantren Kasembon untuk melihat secara langsung persiapan "akhir zaman". Bahkan, seluruh logistik disiapkan untuk ribuan orang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x