Kompas TV nasional sapa indonesia

Wisata Sampah di Klungkung, Ajak Wisatawan Peduli Lingkungan

Kompas.tv - 20 Maret 2019, 17:35 WIB

Aktivitas pariwisata yang bergeliat pada satu sisi menghasilkan produksi sampah yang tidak sedikit juga. Mengajak wisatawan peduli lingkungan pengelola bank sampah di Desa Tangkas, Kabupaten Klungkung, Bali menggagas wisata sampah. Wisata sampah ini diberi nama Eat, Pray and Recycle.

Wisata sampah diawali dengan doa bersama. Kemudian wisatawan yang datang sendiri maupun berkelompok disuguhkan panganan tradisional khas Bali. Setelah perut kenyang peserta wisata menuju pinggir pantai dan mulai memungut sampah plastik yang berserak. Sampah yang terkumpul kemudian dibawa ke tempat Bank Sampah Desa Tangkas.

Di bank sampah para wisatawan memilah dan mendaur ulang sampah. Sampah organik diolah menjadi kompos ataupun pelet untuk bahan bakar listrik. Sementara sampah plastik seperti botol dibuat menjadi beragam bentuk kerajinan seperti tas, dompet dan barang bermanfaat lainnya.

Sejak ditawarkan secara terbuka setahun yang lalu paket wisata Eat, Pray and Recycle mendapat sambutan yang baik terutama dari wisatawan mancanegara.

#WisataSampah #Klungkung #Bali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.