HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV feature food story

Hidangan Daging Nusantara - FOOD STORY (3)

Kamis, 7 Maret 2019 | 18:25 WIB

Indonesia memiliki beragam olahan makanan berbahan daging. Kecintaan akan kuliner sumber protein hewani ini sudah ada sejak zaman pra sejarah.

Benu berada di Yogyakarta dan mencicipi kuliner berbahan daging yang ikonik, yaitu Sate Klatak. Benu mencicipi Sate Klatak, Tongseng, dan #Tengkleng di Warung Pak Pong di Jalan Sultan Agung, Jejeran, Pleret, Bantul.

Di Solo juga ada Tengkleng yang sudah tersohor kelezatannya, yaitu Tengkleng Bu Edi. Buat yang suka pedas, ada juga Tengkleng Bumbu Rica Pak Manto.

Setiap daerah di Indonesia punya hidangan berbahan daging yang menggugah selera. Di Sulawesi Selatan, Benu mencicipi kuliner daging yang kaya rempah yaitu Sup Konro Karebosi di jalan Gunung Lampo Battang. Konro aslinya dimasak berkuah, tetapi sekarang terdapat variasi kering yang disebut Konro Bakar. Selain Konro, Sulawesi Selatan juga punya kuliner berbahan daging yang gak kalah lezat, yaitu Coto Makassar.

Sajian Sei Sapi mulai dikenal luas di berbagai kota Indonesia. Daging sapi dengan cita rasa dan aroma asap, disajikan bersama sambal dan kuah kaldu ini berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Padang punya Rendang, Jawa Timur indetik dengan #Rawon, warga Betawi merayakan hari raya dengan #Semur Daging Sapi.

Bumi Nusantara memang kaya akan berbagai menu olahan daging yang khas dan lezat di tiap daerahnya.

Penulis : | Editor : edika ipelona




BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
19:57
JUMLAH KASUS KORONA DI ARMENIA: 9.492 POSITIF, 3.402 SEMBUH, 139 MENINGGAL DUNIA   PM ARMENIA NIKOL PASHINYAN MENYATAKAN DIA BERSAMA DENGAN KELUARGANYA POSITIF TERINFEKSI KORONA   ANGGOTA POLSEK DAHA SELATAN, KALSEL, BRIGADIR LEONARDO LATUPA YANG DISERANG KELOMPOK TERORIS NAIK PANGKAT   KEMENDAG: PENGUNJUNG PASAR DAN TOKO SWALAYAN DIBATASI MAKSIMAL 40% SAAT PENERAPAN TATANAN NORMAL BARU   JUMLAH PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN DIBATASI 35% SAAT KENORMALAN BARU DITERAPKAN   KEMENDAG: PENGELOLA PUSAT PERBELANJAAN WAJIB TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN YANG KETAT SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL""   PSBB DI KOTA TANGERANG SELATAN DIPERPANJANG HINGGA 14 JUNI 2020   DITANGKAP KARENA GANJA, ARTIS PERAN DWI SASONO AJUKAN ASESMEN REHABILITASI   KABID HUMAS POLDA METRO JAYA: ARTIS PERAN DWI SASONO RUTIN KONSUMSI GANJA SELAMA BERADA DIRUMAH   HINGGA 1 JUNI 2020, DINKES DKI JAKARTA UJI 152.436 SPESIMEN DENGAN METODE PCR   HINGGA AKHIR MEI 2020, KEMENPERIN TERBITKAN SEKITAR 17.000 IZIN OPERASIONAL MOBILITAS DAN KEGIATAN INDUSTRI (IOMKI)   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO INGATKAN ASN BERADAPTASI DENGAN SISTEM KERJA BARU SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL"   KAPOLRI JENDERAL IDHAM AZIS AJAK MASYARAKAT TINGKATKAN PERSATUAN DAN KESATUAN DALAM PENERAPAN "NEW NORMAL"   YLBHI MINTA TNI TAK DILIBATKAN DALAM KENORMALAN BARU KARENA BERTENTANGAN DENGAN REFORMASI DAN TAP MPR