Kompas TV nasional berita kompas tv

TNI AL Tangkap 4 Kapal Vietnam Pencuri Ikan

Kompas.tv - 1 Maret 2019, 20:50 WIB
Penulis : Imanuel Gilang Krisjanuar | Editor :

TNI Angkatan Laut menangkap 4 kapal pencuri ikan berbendera Vietnam di wilayah Natuna, Kepulauan Riau. Kapal sempat berusaha kabur saat akan disergap oleh KRI Bung Tomo-357.

Awalnya TNI Angkatan Laut sedang melakukan patroli di Laut Natuna dan melihat 4 kapal ikan asing yang sedang beroperasi. Saat mengejar, kapal TNI AL sempat dihalangi oleh kapal lainnya. Namun kapal Vietnam akhirnya menyerah.

KRI Bung Tomo juga sempat melepaskan tembakan peringatan untuk menghentikan kapal Vietnam. Personel TNI AL lantas menggiring 4 kapal itu ke Tanjung Pinang. Kapal Vietnam yang ditangkap TNI AL tengah diperiksa di Batam.

Keterangan mendalam terhadap awak kapal juga dilakukan. Penyelidikan ini juga melibatkan Kementerian Kelautan dan Perikanan juga Polair. Pencurian oleh kapal Vietnam ini bukan dilakukan pertama kalinya.

Penangkapan kapal pencuri ikan ini sebelumnya disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti. Susi meminta Pemerintah Vietnam memberikan penjelasan sekaligus meminta maaf. Nota protes dilakukan lewat Kementerian Luar Negeri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x