Kompas TV nasional kompas bisnis

Investasi Asing di "Unicorn"

Kompas.tv - 27 Februari 2019, 12:05 WIB
Penulis : Desy Hartini | Editor : Sadryna Evanalia

Unicorn merupakan istilah yang diberikan kepada bisnis startup yang nilai valuasinya mencapai lebih dari 1 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar 14 triliun rupiah.

Di Indonesia, baru ada 4 startup bergelar Unicorn, yaitu Bukalapak, Gojek, Traveloka, dan Tokopedia. Kalau dilihat, investornya kebanyakan bukan dari lokal.

Sementara dilihat dari nilai valuasi dan pendanaan, Tokopedia menempati posisi nomor 1 dengan valuasi 7 miliar dollar Amerika Serikat dan pendanaan 2,5 dollar AS. Setelah itu diikuti Gojek, Traveloka, dan terakhir Bukapalak.

Jika tak ada pengaturan, dikhawatirkan akan ada capital outflow atau aliran dana keluar. Menkominfo Rudiantara mengatakan, soal dana asing di bisnis startup atau Unicorn tak perlu dikhawatirkan.

Pasalnya, pihak investor berinvestasi pada sumber daya manusianya sehingga SDM seperti founder dan CEO-nya yang tetap mengontrol jalannya bisnis.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.