Kompas TV nasional sapa indonesia

Menikmati Olahan Rebung yang Kaya Akan Serat & Protein di Buleleng

Kompas.tv - 21 Februari 2019, 17:00 WIB
Penulis : Imanuel Gilang Krisjanuar | Editor :

Rebung bambu adalah tunas bambu muda yang tumbuh di akar bambu dan biasanya tumbuh saat memasuki musim hujan. Di Indonesia rebung mempunyai banyak nama. Di Bali, rebung disebut dengan embung dan di Desa Pedawa, Buleleng, Bali rebung disebut dengan Ibong.

Di Desa Pedawa banyak terdapat pohon bambu sehingga sangat mudah mencari rebung. Rebung yang baru tumbuh tingginya tidak lebih dari 30 sentimeter ini merupakan rebung yang dapat diolah menjadi makanan. Cara mencarinya pun cukup mudah hanya dengan memotong bagian pangkalnya.

Diameter rebung pun berbeda-beda sesuai dengan jenis bambunya. Rebung bambu petung misalnya akan lebih besar dibanding rebung bambu tabah yang pohonnya berukuran lebih kecil. Di Desa Pedawa warga biasa mencari rebung untuk diolah menjadi masakan yang nikmat sebagai hidangan pendamping nasi.

Rebung dapat diolah dengan beragam cara. Rebung yang berukuran besar biasanya kulitnya dibersihkan terlebih dahulu hingga terlihat bagian yang putih muda. Selanjutnya rebung diiris-iris tipis dan direbus hingga matang. Sedangkan rebung yang berukuran kecil langsung dibakar beserta kulitnya. Setelah matang kulit rebung baru dibersihkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.