Kompas TV regional sumatra

2 Anggota TNI Jadi Kurir Sabu 75 Kg dan 40 Ribu Ekstasi Divonis Penjara Seumur Hidup dan Dipecat

Kompas.tv - 30 Mei 2023, 06:08 WIB
2-anggota-tni-jadi-kurir-sabu-75-kg-dan-40-ribu-ekstasi-divonis-penjara-seumur-hidup-dan-dipecat
Sertu Yalpin Tarjun (kanan) dan Pratu Rian (kiri) mendengarkan putusan dari majekis hakim di Pengadilan Negeri Militer 1-02 Medan, Senin (29/5/2023). (Sumber: ANTARA/M Sahbainy Nasution)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

MEDAN, KOMPAS.TV - Majelis hakim di Pengadilan Negeri Militer 1-02 Medan, Sumatera Utara, memvonis kedua terdakwa yang merupakan anggota TNI bernama Sertu Yalpin Tarjun dan Pratu Rian Hermawan penjara selama seumur hidup.

Vonis tersebut dijatuhkan kepada kedua terdakwa atas kasus narkoba yang menjeratnya yakni dengan membawa sabu-sabu seberat 75 kilogram dan 40.000 butir pil ekstasi.

"Selain itu, Sertu Yalpin Tarjun dan Pratu Rian Hermawan dikenakan pidana tambahan dipecat dari dinas militer TNI," kata Hakim Ketua Kolonel Chk Asril Siagian di Medan, Sumatera Utara pada Senin (29/5/2023).

Baca Juga: Prajurit TNI Korban Kecelakaan Helikopter di Ciwidey Sudah Jalani Perawatan

Dalam putusannya, hakim menilai bahwa kedua terdakwa melanggar Pasal 114 ayat (1) juncto ayat (2) Undang-undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Mereka secara bersama-sama menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan narkotika yaitu 75 kilogram sabu dan 40.000 butir pil ekstasi.

“Hal yang memberatkan kepada kedua terdakwa mengantar narkotika jenis sabu-sabu maupun ekstasi dengan tidak mendukung program pemerintah dalam memerangi narkotika untuk menyelamatkan anak bangsa,” ujar hakim. 

“Selain itu, pimpinan TNI juga melarang karena merusak jiwa, mental anak bangsa.”

Kemudian, kata Asril, sabu-sabu sebanyak 75 kilogram dan 40.000 butir ekstasi yang mereka bawa itu sangat besar dan dapat merusak keberlangsungan anak bangsa.

Tak hanya itu, perbuatan mereka membawa narkoba bukanlah kali pertama. Kedua terdakwa diketahui sudah pernah mengantarkan sabu-sabu seberat 7 kilogram.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x