Kompas TV internasional kompas dunia

Foto Dahsyat Terbaru Bintik Matahari, Perlihatkan Kawah Membara dengan Sulur laksana Spageti Api

Kompas.tv - 30 Mei 2023, 05:30 WIB
foto-dahsyat-terbaru-bintik-matahari-perlihatkan-kawah-membara-dengan-sulur-laksana-spageti-api
Delapan foto yang dirilis pada tanggal 19 Mei, diambil dengan menggunakan Teleskop Surya Daniel K. Inouye yang dimiliki oleh National Science Foundation (NSF) di Hawaii, observatorium surya terbesar di dunia. (Sumber: National Science Foundation)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

HONOLULU, KOMPAS.TV - Gambar-gambar dramatis terbaru dengan resolusi tinggi tentang bintik matahari mengungkapkan kumpulan merah dan oranye yang menyerupai tentakel dari ruang coklat gelap yang terlihat seolah-olah menjadi tempat pelarian dari kekuatan yang ganas yang menggerakkan Matahari dan seolah-olah menjadi gerbang ke neraka itu sendiri, seperti laporan Straits Times, Senin (29/5/2023).

Delapan foto yang dirilis pada tanggal 19 Mei, diambil dengan menggunakan Teleskop Surya Daniel K Inouye yang dimiliki oleh National Science Foundation (NSF) di Hawaii, observatorium surya terbesar di dunia.

Para peneliti fokus pada bintik matahari, yang makin aktif saat siklus 11 tahun, ketika medan magnet yang kuat perlahan-lahan membalik kutubnya mencapai puncaknya tahun 2024 atau 2025.

Bintik matahari adalah area di permukaan Matahari yang disebabkan oleh aktivitas magnet yang intens, dengan bagian yang paling gelap mencerminkan wilayah terdingin.

Kumpulan bintik matahari menyebabkan letusan matahari dan pelepasan massa korona, ketika plasma dan bagian medan magnet terpisah dari atmosfer luar Matahari, atau korona, dan bergerak melintasi ruang angkasa.

Badai matahari yang kuat kadang-kadang dapat menyebabkan kerusakan pada medan magnet Bumi dengan mengganggu jaringan listrik, mengganggu satelit, atau membahayakan astronot di luar angkasa.

Gambar-gambar bintik Matahari yang baru dirilis - yang memiliki resolusi 2,5 kali lebih tinggi dari sebelumnya, mengungkapkan pusat gelap dari satu bintik matahari, yang lebih dingin tetapi masih terbakar pada suhu lebih dari 4.000 derajat Celsius dan cukup besar untuk menelan seluruh Bumi, dikelilingi oleh filamen merah dan oranye yang menyerupai spageti dan titik-titik bercahaya.

Baca Juga: Cuaca Panas Ekstrem, Warga Eksperimen Goreng Kerupuk & Telur di Bawah Terik Matahari!

Delapan foto yang dirilis pada tanggal 19 Mei, diambil dengan menggunakan Teleskop Surya Daniel K. Inouye yang dimiliki oleh National Science Foundation (NSF) di Hawaii, observatorium surya terbesar di dunia. (Sumber: National Science Foundation)

Salah satu foto menyerupai gambar close-up dari organisme hidup yang paling mirip dengan Matahari: bunga matahari.

Gambar-gambar tersebut mengungkapkan permainan antara gas panas dan dingin di permukaan Matahari yang dipahat oleh perpaduan medan magnet yang intens.

Plasma panas terang mengalir ke atas, sementara plasma yang lebih gelap dan dingin mengalir ke bawah, membentuk pusat bintik matahari dan tentakel-tentakel yang menjulur darinya.

Satu gambar menunjukkan apa yang dikenal sebagai "hampir-bintik", atau pori-pori, di mana medan magnet belum memiliki cukup energi untuk mengendalikan gerakan gas di permukaan Matahari.

Gambar lain mengungkapkan "jembatan cahaya" - fitur terang Matahari yang melintasi wilayah tergelap dari sebuah bintik matahari.

Para ilmuwan berharap Teleskop Surya Inouye, setelah mencapai potensinya yang penuh, akan memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan kunci tentang Matahari, termasuk asal-usul badai matahari.

"Seiring Teleskop Surya Inouye terus menjelajahi Matahari, kami mengharapkan hasil-hasil baru dan menarik lainnya dari komunitas ilmiah, termasuk pandangan yang spektakuler tentang objek langit paling berpengaruh di sistem tata surya kita," demikian pernyataan dari National Solar Observatory.


 

 

 



Sumber : Straits Times / National Science Foundation Hawaii

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.