Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Wajib Dicoba, Mi Ayam Bakar Bungkus Daun Pisang

Kompas.tv - 29 Mei 2023, 15:29 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Sebuah warung makan di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, menyajikan menu olahan mi ayam yang berbeda dari biasanya, yaitu mi ayam bakar. 

Sekilas proses pembuatan mi ayam bakar ini mirip seperti mi ayam pada umumnya, yakni setelah mi direbus dengan matang dan dicampur dengan bumbu, lalu tinggal diberi topping daging ayam di atasnya. Eitsss...ternyata mi ayam yang siap disajikan justru dipindah ke atas daun pisang.

Hhmmm ternyata proses pembuatan mi ayam bakar ini belum selesai saudara. Setelah mi diberi sayuran dan topping daging ayam, lalu dibungkus menggunakan daun pisang, dan dibakar. Maka sang penjualnya menyebut mi ayam ini dengan nama mi ayam bakar.

Sesuai dengan namanya mi ayam bakar, kuliner ini sebelum disajikan di meja pelanggan dibakar terlebuh dahulu. Dan warung yang berlokasi dipinggiran sawah di Desa Jembungan, Kabupaten Boyolali ini berhasil menarik perhatian para pelanggan, melalui pilihan menu kuliner unik mi ayam bakar.

Salah seorang pelanggan mengaku baru pertama kali mencoba mi ayam bakar di Kabupaten Noyolali. Dan menurutnya aroma dari daun pisang yang menjadi bungkus mi menambah selera bagi penikmatnya.

"Minya enak, ada khas tersendiri. Baru ini saya menemui mi ayam bakar, rasanya mantap," ujar Woro Aswondo, pembeli.

Ekky, pemilik warung mi ayam ini mengaku, idenya ini untuk menarik perhatian pelanggan dan untuk mencoba varian baru. Dan terbukti mi ayam bakar menjadi salah satu menu favorit yang laris dipesan.

"Awalnya mi ayam biasa, saya coba berinovasi bikin mi ayam bakar, biar beda sama yang lain. Seneng ya mas, soalnya banyak yang pesan, di sini (Boyolali) belum ada mi ayam bakar, baru ada di sini," jelas Ekky.

Mi ayam bakar ini memiliki dua varian rasa, yakni manis dan pedas. Selain itu, ada pilihan tambahan topping bakso, dan untuk menikmati satu porsi mi ayam bakar cukup membayar Rp 11.000 per porsi.

#miayam #boyolalai #kuliner

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.