Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Wow! Kota Semarang Punya Gedung Kesenian Bertaraf Internasional

Kompas.tv - 29 Mei 2023, 15:01 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kota Semarang kini bisa bangga karena telah memiliki gedung kesenian tak hanya bertaraf nasional, namun bertaraf internasional. Tujuan utama pembangunan gedung kesenian kelas dunia di Kota Semarang ini untuk mengangkat seniman-seniman lokal. Sehingga bisa lahir seniman dan bintang lokal Kota Semarang ke tingkat nasional bahkan dunia. Sebab, sang pemilik gedung melihat belum ada gedung kesenian yang representatif di Kota Semarang. Sehingga banyak seniman besar yang enggan pentas di Kota Semarang.

Hampir seluruh lokasi Radjawali Semarang Culture Center (RSCC) bisa digunakan untuk pagelaran seni, sebab sang pemilik gedung merupakan pecinta seni. Seperti halaman outdoor depan RSCC bisa digunakan untuk pagelaran seni secara gratis. Sedangkan bagian dalam ada multi function hall yang bisa digunakan pagelaran seni kecil, diskusi budaya hingga bedah buku.

Sementara performance hall yang merupakan tempat pertunjukan berkelas internasional, dengan kapasitas dibatasi hanya 286 kursi. Tujuannya agar penonton bisa benar-benar menikmati pertunjukan seni yang digelar. Para pelaku seni yang ingin tampil pada RSCC, ada waktu khusus gratis yakni akhir tahun. Namun, tetap ada seleksi dari kurator bagi mereka yang ingin tampil di sini.

"Kota Semarang tidak ada gedung yang representatif, sehingga Semarang itu sering dilewati, kalo ada seniman-seniman terutama dari luar negeri. Cari gedung ga ada yang memadahi mereka ga mau, larinya ke Yogya, Solo. Akhirnya diputuskan kita konstribusi ke Kota Semarang, kita buatkan gedung kesenian yang tarafnya internasional," jelas Handrijana Hardha, GM RSCC.

Sedangkan filosofi gedung pada bagian fasad gedung mencerminkan kekayaan alam dan budaya. Bagian kiri gedung merupakan representasi dari kayu hasil hutan Indonesia, bagian kanan gelombang pencerminan laut Indonesia, dan atas motif batik sebagai bentuk aneka ragam budaya Indonesia.

Pelaku seni yang juga owner Sanggar Greget Bambang Priyambodo atau yang akrab disapa Yoyok menilai RSCC sangat representatif untuk menggelar suatu pegelaran seni, baik outdoor hingga di performance room. Menurutnya di Jateng baru RSCC ini yang paling representatif untuk pagelaran seni indoor berkelas internasional.

Bagi sebagian warga Kota Semarang mungkin belum mengenal gedung kesenian yang baru dibangun sebelum pandemi ini. Gedung RSCC sendiri terdapat di Jalan Piere Tendean Sekayu Kota Semarang.

#semarang #gedungkesenian #sanggargreget

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x