Kompas TV nasional rumah pemilu

Kapolri Usut Dugaan Pelanggaran Hukum Kebocoran Putusan MK Soal Pileg Coblos Partai di Pemilu 2024

Kompas.tv - 29 Mei 2023, 14:34 WIB
kapolri-usut-dugaan-pelanggaran-hukum-kebocoran-putusan-mk-soal-pileg-coblos-partai-di-pemilu-2024
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menanggapi isu pencopotan Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Tangerang, Banten, Rabu (5/4/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya akan menelusuri dugaan pelanggaran hukum terkait bocornya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyebut MK akan memutus sistem Pemilu 2024 tertutup atau coblos partai.

Ia menyebut, penelusuran itu sesuai dengan arahan dari Menko Polhukam Mahfud MD agar polemik tersebut tak jadi berkepanjangan.

Informasi ini muncul setelah Pakar Hukum Tata Negara Denny Indrayana menyatakan dirinya mendapatkan informasi kalau MK akan mengubah sistem pemilihan legislatif (pileg) di Pemilu 2024 menjadi coblos partai.

Baca Juga: Mahfud MD Pastikan MK Belum Putuskan Soal Pileg Coblos Partai di Pemilu 2024 

Saat ini Undang-Undang Pemilu tahun 2017 yang mengatur pileg dengan sistem proporsional terbuka sedang digugat di MK. 

"Ya tentunya kita mendengarkan terkait dengan situasi yang beredar di pemberitaan. Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh bapak Menko Polhukam supaya tidak menjadi polemik yang berkepanjangan tentunya kalau memang dari situasi yang ada ini kemudian memungkinkan sesuai dengan arahan beliau untuk melakukan langkah-langkah penyelidikan," kata Listyo Sigit kepada wartawan di Jakarta, Senin (29/5/2023). 

Mantan Kabareskrim itu mengaku akan memberikan keterangan lebih lanjut kepada publik bila nanti ditemukan informasi terbaru dari penyelidikan yang dilakukan anak buahnya. 

"Untuk langkah-langkah yang bisa kita laksanakan untuk membuat semuanya menjadi jelas dan tentunya kalau kemudian ada peristiwa pidana di dalamnya tentunya kita akan mengambil langkah lebih lanjut," ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.