Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Harga Ayam Terus Naik Tembus Rp 40.000 Per Kilogram

Kompas.tv - 29 Mei 2023, 13:38 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Harga daging ayam di pasar tradisional terus naik. Dari pantauan di pasar tradisional di Purwokerto Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Harga daging ayam potong menembus Rp 40.000 per kilogram. Kenaikan ini merupakan harga tertinggi sejak sepekan kemarin. Kenaikan harga daging ayam ini terjadi sejak sekitar satu bulan lalu, atau setelah Lebaran. Sejak saat itu harga terus merangkak naik. Padahal harga normal daging ayam sebelum ada lonjakan harga hanya Rp 28.000 hingga Rp 30.000 per kilogram. Mahalnya daging ayam diduga karena naiknya harga pakan. Para pedagang pun mengeluhkan omzet mereka menurun hingga 75 persen dibanding sebelum harga naik.

"Sejak Lebaran sampai sekarang naik terus, paling tinggi sekarang. Peminatnya berkurang, jadi jualan saya juga berkurang, sekitar 30 persen," ujar Siti Rahayu, pedagang daging ayam.

Bukan hanya di Kabupaten Banyumas, kenaikan harga ayam potong juga terpantau di Pasar Tradisional Karangayu di Kota Semarang. Harga daging ayam melonjak hingga Rp 40.000 per kilogram, dan banyak pembeli yang mengurangi jumlah pembelian.

Para pedagang daging ayam potong berharap, pemerintah bisa segera menstabilkan harga ayam di pasaran, agar penjualan bisa kembali normal.

#ayam #semarang #banyumas

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.