Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Bandara Kertajati Perdana Layani Penerbangan Haji, 2024 Layani Jemaah Haji dari Jawa Tengah

Kompas.tv - 29 Mei 2023, 10:13 WIB
bandara-kertajati-perdana-layani-penerbangan-haji-2024-layani-jemaah-haji-dari-jawa-tengah
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan jemaah haji kloter pertama dari Embarkasi Kertajati (KJT-01), di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (28/5/2023). Ini merupakan penerbangan haji perdana sejak Bandara Kertajati berdiri. (Sumber: Kemenag.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

MAJALENGKA, KOMPAS.TV- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Bandara Kertajati akan bisa melayani penerbangan haji dari embarkasi Jawa Tengah bagian barat dan bagian selatan pada 2024. 

Sedangkan tahun ini, Bandara Kertajati diprioritaskan melayani jemaah haji dari Jawa Barat bagian utara.

"Tahun ini diprioritaskan untuk Jabar bagian utara, tapi nanti tahun depan bisa diskenariokan untuk Jateng bagian barat dan selatan," kata Yaqut di Bandara Kertajati, Majalengka, Minggu (28/5/2023) malam.

Ia menilai, letak Bandara Kertajati memang lebih dekat dengan daerah Jawa Tengah bagian barat dan selatan, sehingga nantinya diharapkan dapat menampung jamaah calon haji dari daerah tersebut.

Saat ini, jamaah calon haji dari Jateng bagian barat dan selatan terlalu jauh ketika harus berangkat dari Embarkasi Solo. 

Baca Juga: Arab Saudi Datangkan Rempah Asli Indonesia untuk Jemaah Haji Tanah Air, Tak Heran Ada Menu Nasi Uduk

"Bandara Kertajati ini bisa dimanfaatkan oleh warga lainnya, bukan hanya dari Jawa Barat bagian utara, namun bisa juga masyarakat Jawa Tengah," ujarnya.

Ia juga memastikan penerbangan umrah dari Bandara Kertajati sudah dimulai dan itu dilakukan rutin dengan harapan ke depan bandara tersebut bisa lebih hidup lagi.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ace Hasan Syadzily menyambut baik dengan yang dilakukan oleh Kementerian Agama dan Provinsi Jawa Barat, yang dapat memberikan pelayanan secara optimal terhadap para calon haji.

Apalagi, tahun ini Bandara Kertajati sudah bisa dimanfaatkan untuk mengangkut jamaah calon haji.

Sehingga yang selama ini calon haji dari Jawa Barat bagian utara harus ke Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, namun saat ini sudah lebih dekat.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x