Kompas TV internasional kompas dunia

Penghitungan Tidak Resmi Pemilu Turki: Erdogan Menang, Raih 52,1 Persen Suara

Kompas.tv - 29 Mei 2023, 04:01 WIB
penghitungan-tidak-resmi-pemilu-turki-erdogan-menang-raih-52-1-persen-suara
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meraih suara terbanyak dalam pemilu presiden Turki hari Minggu (28/5/2023). Erdogan meraih 52,1% suara dibandingkan dengan pesaingnya Kemal K l çdaro lu yang memperoleh 47,8%, menurut hasil tidak resmi secara nasional. (Sumber: EPA / Daily Sabah)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

ANKARA, KOMPAS.TV - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meraih suara terbanyak dalam pemilu presiden Turki pada hari Minggu (28/5/2023). Erdogan meraih 52,1% suara dibandingkan dengan pesaingnya Kemal K l çdaro lu yang memperoleh 47,8%.

Penghitungan ini berdasarkan hasil tidak resmi secara nasional, seperti laporan Anadolu, Senin (29/5/2023).

Kepala Komisi Pemilihan Umum Turki (YSK) Ahmet Yener mengumumkan Erdo an terpilih kembali sebagai presiden sesuai dengan hasil awal.

Hasil awal tersebut didasarkan pada sekitar 99,85% kotak suara yang dibuka dan menunjukkan tingkat partisipasi pemilih sebesar lebih dari 84,2%.

Per 03.15 WIB, Senin (29/5/2023) waktu Jakarta, dengan 99,8% kotak suara dihitung dan 53,1 juta suara sah, Erdogan memimpin dengan 27,7 juta suara sementara Kilicdaroglu 25,4 juta suara.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepada Erdogan, bersama dengan para pemimpin di Qatar, Venezuela, Azerbaijan, Pakistan, Libya, Aljazair, Serbia, dan Uzbekistan.

Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev menjadi salah satu pemimpin pertama yang mengucapkan selamat kepada Erdo an. Dia mengatakan hasil putaran kedua tersebut menunjukkan bahwa rakyat Turki yang ramah mendukung kebijakan dan program reformasi presiden, seperti laporan Daily Sabah, Senin (29/5/2023).

Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengucapkan selamat kepada Erdo an, mengatakan hasil penghitungan suara adalah bukti bahwa rakyat Turki menghargai karya tanpa pamrih dan kebijakan luar negeri yang independen dari Erdo an.

"Kemenangan dalam pemilihan adalah hasil alami dari karya tanpa pamrih Anda sebagai kepala Republik Turki, bukti nyata dukungan rakyat Turki terhadap upaya Anda untuk memperkuat kedaulatan negara dan menjalankan kebijakan luar negeri yang independen," kata Putin dalam pesan kepada Erdo an, menurut Kremlin.

Baca Juga: Update Hasil Sementara Pemilihan Presiden Turki, Erdogan Memimpin dengan Selisih Hampir 3 juta Suara

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meraih suara terbanyak dalam pemilu presiden Turki hari Minggu (28/5/2023). Erdogan meraih 52,1% suara dibandingkan dengan pesaingnya Kemal K l çdaro lu yang memperoleh 47,8%, menurut hasil tidak resmi secara nasional. (Sumber: AP Photo)

"Kami sangat menghargai kontribusi pribadi Anda dalam memperkuat hubungan Rusia-Turki yang bersahabat dan kerja sama saling menguntungkan di berbagai bidang," tambah Putin.

Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan juga mengucapkan selamat kepada Erdo an.



Sumber : Anadolu / Daily Sabah / Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x