Kompas TV olahraga sepak bola

Erick Thohir Konfirmasi Pelatih Jepang akan Latih Timnas Putri, Direktur Teknik dari Jerman

Kompas.tv - 29 Mei 2023, 05:05 WIB
erick-thohir-konfirmasi-pelatih-jepang-akan-latih-timnas-putri-direktur-teknik-dari-jerman
Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengonfirmasi bahwa pelatih Jepang akan latih Timnas Putri sementara Direktur Teknik diisi sosok asal Jerman. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengonfirmasi bahwa pelatih Jepang akan melatih Timnas Putri sementara posisi Direktur Teknik diisi sosok yang berasal dari Jerman.

Hal itu diungkapkan Erick saat Kongres Biasa PSSI yang digelar di Jakarta, Minggu (28/5/2023).

"Kami sudah menandatangani kerja sama dengan Japan Football Association (JFA) untuk pendampingan wasit dan kepelatihan. Untuk timnas putri kita akan menggunakan pelatih Jepang yang selama ini negara itu punya tradisi bagus di sepak bola putri dunia karena pernah juara dunia," kata Erick dikutip dari laman resmi PSSI.

Seperti yang diketahui, Erick memang tengah melakukan langkah-langkah konkret untuk mendukung peningkatan prestasi sebagai tradisi baru. 

Selain terus menjalani program transformasi 22 stadion dengan dana Rp1,9 Triliun, Erick juga ingin mengangkat prestasi di sepak bola putri agar punya potensi berbicara di level Asia serta dunia.

Dipilihnya Jepang sebagai contoh untuk pengembangan sepak bola putri karena prestasi yang dimiliki Negeri Sakura itu.

Sepak bola putri Jepang pernah menjadi juara dunia di Piala Dunia Sepak Bola Wanita 2011 di Jerman. Sedangkan empat tahun berikutnya di Kanada, tim Matahari Terbit kembali jadi finalis, namun hanya menjadi runner up.

Baca Juga: Ketum PSSI Erick Thohir Minta Skuad Garuda Tidak Gentar Meski Lawannya Juara Dunia!

Tim sepak bola putri Jepang juga dua kali juara Piala Asia Putri di tahun 2014 dan 2018, serta merebut medali perak di Olimpiade London 2012.

Selain menjalin kerja sama dari Jepang, PSSI juga telah berhubungan dengan Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Jerman dipilih karena kompetisi mereka, Bundesliga, banyak dihuni pemain asal Asia. Diharapkan dengan kerja sama ini, ada pemain asal Indonesia yang bisa merumput di kompetisi top Eropa itu.

"Selain Jepang, kami juga akan kerja sama dengan DFB (Asosiasi Sepakbola Jerman) untuk membantu menangani timnas muda kita. Apalagi seperti kita ketahui, di Bundesliga banyak pemain Asia yang jumlahnya mencapai 170 pemain," ujarnya.

Lebih dari itu, posisi Direktur Teknik PSSI nantinya juga bakal diisi sosok yang berasal dari Jerman. 

Dengan Direktur Teknik yang independen, Erick berharap penilaian terhadap performa Timnas Indonesia di berbagai kelompok bisa lebih transparan.

"Meski saya belum menyebutkan nama, tapi saya pastikan Direktur Teknik PSSI nanti dari Jerman," ucapnya. 

Baca Juga: Erick Thohir Beberkan 3 Poin Hasil Kongres Biasa PSSI 2023, dari Cetak Biru hingga Target Timnas


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x