Kompas TV olahraga sepak bola

Erick Thohir Beberkan 3 Poin Hasil Kongres Biasa PSSI 2023, dari Cetak Biru hingga Target Timnas

Kompas.tv - 28 Mei 2023, 18:50 WIB
erick-thohir-beberkan-3-poin-hasil-kongres-biasa-pssi-2023-dari-cetak-biru-hingga-target-timnas
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berbicara dalam konferensi pers usai Kongres Biasa PSSI 2023 di Hotel InterContinental, Pondok Indah, Jakarta, Minggu (28/5/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memaparkan sejumlah poin yang dibahas dalam Kongres Biasa PSSI 2023.

Setidaknya ada tiga poin utama yang menjadi kesimpulan dalam kongres yang digelar di Hotel Intercontinental, Jakarta, Minggu (28/5/2023) itu. 

Poin pertama, terkait cetak biru atau blueprint transformasi sepak bola Indonesia atau PSSI 2045.

"Kita sudah sampaikan kepada peserta kongres bahwa buku biru Garuda Terbang Lebih Tinggi sudah kita paparkan, dan ini semua menjadi dogma atau target yang akan kita lakukan menyeluruh dari pusat dan daerah," kata Erick dalam konferensi pers usai Kongres Biasa PSSI 2023, Minggu.

"Insyaallah kami akan bikin event di daerah untuk memastikan teman-teman Asprov menjadi bagian dari perubahan transformasi, jadi bukan hanya kami di pusat."

Poin kedua, pentingnya komersialisasi dalam pembangunan sepak bola Indonesia. 

"Yang kami tekankan juga penting sekali komersialisasi dalam membangun sepak bola. Tidak mungkin kita membangun sepak bola tanpa pendanaan yang cukup," tegasnya.

Baca Juga: Agenda PSSI pada Kongres Biasa 2023, Apa Saja?

Erick Thohir berencana untuk membentuk perseroan terbatas (PT) guna mengomersialkan aset-aset PSSI untuk kepentingan tim nasional.

"Tadi kita sampaikan, bagaimana di PSSI sendiri sekarang sudah mulai berpikir untuk membentuk sebuah PT, di mana PT ini akan mengomersialkan aset-aset yang ada di PSSI untuk tim nasionalnya," jelasnya.

"Karena kalau kita kemarin benchmarking dari Jepang sendiri, pemasukan dari PSSI Jepang itu setahun hampir USD200 juta. Makanya tim nasionalnya kuat. Inilah yang mau kita contoh, bagaimana kita punya institusi yang bisa mendorong pemasukan lebih besar di PSSI, sehingga pembinaan secara menyeluruh di pusat dan daerah."

Erick juga menuturkan pihaknya akan membentuk sebuah yayasan yang nantinya akan membantu insan-insan sepak bola yang tengah dalam situasi sulit. 

"Ini yang kami harapkan menjadi sebuah terobosan dari kami bahwa kami peduli terhadap pahlawan-pahlawan yang sudah berkorban untuk sepak bola Indonesia," kata mantan Presiden Inter Milan itu menambahkan.

Adapun poin ketiga, terkait target-target baik jangka pendek hingga menengah timnas sepak bola Indonesia yang dihadapkan dengan berbagai agenda penting pada tahun ini.

"Kita tahu, tahun ini kita ada pertandingan FIFA Matchday, tetapi kita juga tuan rumah untuk U23 AFC,  AFC U19 perempuan, dan beberapa pertandingan kualifikasi Piala Dunia yang kita harus siapkan dengan serius," tegasnya.

"Khususnya untuk Asian Games, tadi kita sudah sampaikan bahwa yang akan bermain itu tim SEA Games supaya mereka menambah pengalaman tanding yang lebih tinggi lagi dan mereka menjadi core daripada pembangunan tim nasional kita ke depan."

Baca Juga: Jawaban Ketum PSSI Erick Thohir soal Harga Tiket Timnas Indonesia Vs Argentina di FIFA Macth Day!


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x