Kompas TV internasional kompas dunia

Hari Penentuan Pilpres Turki, Erdogan dan Kilicdaroglu Nyoblos di Istanbul dan Ankara

Kompas.tv - 28 Mei 2023, 17:17 WIB
hari-penentuan-pilpres-turki-erdogan-dan-kilicdaroglu-nyoblos-di-istanbul-dan-ankara
Seorang petugas pemilu menunjukkan surat suara yang menampilkan capres Recep Tayyip Erdogan dan Kemal Kilicdaroglu di sebuah tempat pemungutan suara di Ankara, Turki, Minggu, 28 Mei 2023. Turki menggelar pemilihan presiden putaran kedua pada Minggu. (Sumber: AP Photo/(AP Photo/Ali Unal)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

 

ISTANBUL, KOMPAS.TV - Pemungutan suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) Turki 2023 putaran kedua tengah digelar, Minggu (28/5/2023). Dua kandidat yang bersaing, petahana Recep Tayyip Erdogan dan Kemal Kilicdaroglu dari kubu oposisi, dilaporkan telah menggunakan hak suara mereka hari ini.

 

Erdogan menggunakan hak suaranya di Istanbul. Usai mencoblos, Presiden Turki itu menyapa para pendukungnya dan meminta masyarakat menggunakan hak suara mereka.

Baca Juga: Jelang Pilpres Putaran Kedua, Erdogan Datangi Makam Eks PM Turki yang Digantung pada 1961

"Saya kira proses penghitungan suara akan berjalan sangat cepat hari ini. Penting untuk terlibat dalam pemilihan presiden seperti itu demi demokrasi Turki," kata Erdogan, Minggu, dikutip Al Jazeera.

"Saya harap hasil pemilihan ini baik bagi Turki. Kami meminta para pemilih pergi ke TPS dan mengikuti demokrasi," lanjutnya.

Sementara itu, Kemal Kilicdaroglu dilaporkan menggunakan hak suaranya di tempat pemungutan suara di SD Argentina di Ankara. Usai memilih, Kilicdaroglu menyebut Erdogan menggunakan muslihat untuk menjegalnya.

"Untuk menyingkirkan rezim tiran dan mendirikan demokrasi sesungguhnya, saya meminta seluruh masyarakat pergi ke tempat pemungutan suara," kata Kilicdaroglu.

"Pemilihan ini digelar dalam kondisi sulit karena upaya-upaya penuh muslihat, tetapi saya yakin warga bebas dan berkehendak untuk memilih," lanjutnya.

Erdogan dan Kilicdaroglu mesti bersaing di putaran kedua usai sama-sama gagal meraih lebih dari 50 persen suara pada putaran pertama.

Kilicdaroglu bersama oposisi berharap bisa memutus kekuasaan dua dekade Erdogan di Turki pada pemilihan kali ini.

Baca Juga: Putaran Kedua Pemilu Turki, Pengamat: Erdogan Diuntungkan Kontrolnya Terhadap Arus Informasi


 



Sumber : Al Jazeera

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.