Kompas TV nasional hukum

Heboh Video Mario Dandy Pakai Sendiri Kabel Ties, Polda Metro Jaya Bantah: Tak Bisa Lepas-Pasang

Kompas.tv - 28 Mei 2023, 13:50 WIB
heboh-video-mario-dandy-pakai-sendiri-kabel-ties-polda-metro-jaya-bantah-tak-bisa-lepas-pasang
Tersangka Mario Dandy saat hendak di bawa saat dibawa ke Dokkes Polda Metro Jaya, Jumat (26/5/2023). (Sumber: KOMPAS.com/Tria Sutrisna.)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya tepis informasi keliru dari video viral tersangka penganiayaan David Ozora, Mario Dandy Satrio, yang disebut bisa memasang dan melepas sendiri borgol cable ties dari tangannya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko pun membantah keterangan di dalam video tersebut.

Kombes Trunoyudo menegaskan, Mario tak mungkin memasang sendiri borgol itu sebelum menggunakan baju tahanan berwarna oranye. 

Penyidik, kata dia, memang menyiapkan borgol kabel ties di atas meja untuk dipakaikan kepada tersangka. Namun, tahap yang harus dilakukan adalah memakaikan baju tahanan terlebih dahulu sebelum borgol.

"Proses yang lepas pasang itu ada proses pengulangan video yang berkembang di masyarakat, sehingga seolah-olah ada lepas dan pasang sendiri," jelas Trunoyudo dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (28/5/2023) dilansir dari Breaking News KompasTV.

Ia pun menjelaskan konteks dari tahapan peristiwa yang dilakukan penyidik terhadap tersangka Mario.

Pada Jumat (26/5), penyidik bermaksud membawa Mario dari rumah tahanan Polda Metro Jaya ke Gedung Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Tersangka Mario Dandy Tertangkap Kamera Pakai Borgol Plastik Sendiri, Polisi: Hasil Editan!

"Perlu kami jelaskan, peristiwa tersebut pada faktanya masih bertempat dalam kawasan rumah tahanan Polda Metro Jaya, tepatnya di ruang administratif dan piket siaga pada hari Jumat tanggal 26 mei 2023 sekira pukul 13.34 WIB," jelas Kombes Trunoyudo.

Ia menjelaskan, saat itu Mario baru saja dikeluarkan dari sel tahanan dan menunggu proses administrasi, sehingga belum menggunakan borgol dan baju tahanan. Sebab, di dalam sel tahanan, tersangka tidak dipakaikan borgol maupun baju tahanan berwarna oranye.

"Peristiwa itu terjadi dalam pengawasan penyidik dan anggota Direktorat Tahanan dan Barang Bukti," jelasnya.

Saat itu, lanjut dia, Mario akan diserahkan dari Direktorat Tahanan dan Barang Bukti ke penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya.

Saat menunggu proses administrasi itu lah, dalam salah satu cuplikan atau frame video, tiba-tiba Mario terlihat dengan sendirinya menggunakan borgol cable ties.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x