Kompas TV olahraga sepak bola

Lionel Messi Bantu PSG Juara Liga Prancis 2022-23 dan Pecahkan Rekor Gol Ronaldo

Kompas.tv - 28 Mei 2023, 06:55 WIB
lionel-messi-bantu-psg-juara-liga-prancis-2022-23-dan-pecahkan-rekor-gol-ronaldo
Lionel Messi menendang bola di laga lanjutan Ligue 1 Prancis 2022-23 antara Starsbourg vs PSG di Stade de La Meinau, Sabtu (27/5/2023) waktu setempat. (Sumber: AP Photo/Jean-Francois Badias)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

STARSBOURG, KOMPAS.TV - Lionel Messi membantu Paris Saint-Germain (PSG) menyegel gelar juara Liga Prancis 2022-23 dan memecahkan rekor gol Cristiano Ronaldo. 

Hal tersebut terjadi dalam laga pekan 37 antara Starsbourg vs PSG yang berlangsung di Stade de La Meinau, Sabtu (27/5/2023) waktu setempat atau Minggu (28/5) dini hari waktu Indonesia. 

Laga ini berakhir dengan skor imbang 1-1. Messi membuka keunggulan PSG pada menit 59 sebelum eks striker PSG, Kevin Gameiro menyamakan skor untuk Starsbourg menit ke-79. 

Itu juga merupakan gol ke-496 Lionel Messi sepanjang kariernya bermain di liga top Eropa. 

Baca Juga: Resmi, Lionel Messi ke Jakarta, Ini Daftar Skuad Argentina untuk Hadapi Indonesia

Messi memecahkan rekor pencetak gol terbanyak di lima liga top Eropa yang sebelumnya dipegang oleh Cristiano Ronaldo (495 gol). 

Messi membutuhkan 574 pertandingan untuk mendapatkan jumlah gol tersebut. Sementara Ronaldo butuh 626 laga.


 

Tambahan satu poin sudah cukup bagi PSG untuk memastikan diri sebagai juara Ligue 1 Prancis 2022-23. 

Kini, PSG telah mengumpulkan 85 poin dari 37 pertandingan dan unggul empat angka dari rival terdeka, Lens. Raihan poin tersebut tidak mungkin diungguli, lantaran Liga Prancis hanya menyisakan satu matchday lagi.  

Baca Juga: Negosiasi Kontrak dengan PSG Buntu, Lionel Messi Semakin Dekat Susul Cristiano Ronaldo ke Arab Saudi

PSG sendiri juga memecahkan rekor sebagai pemilik trofi Ligue 1 terbanyak, mengungguli Saint-Etienne (10). Ini adalah gelar Liga Prancis ke-11 bagi PSG. 

Sembilan dari 11 gelar Liga Prancis PSG datang sejak diakuisisi oleh Qatar Sports Investments (QSI) 12 tahun silam. Sedangkan dua gelar lainnya didapat pada 1986 dan 1994. 

Baca Juga: Erick Thohir: Lionel Messi Ikut Saat Timnas Indonesia vs Argentina?

"Ini tentu merupakan momen bersejarah bagi Paris Saint-Germain. Gelar ke-11 Liga Prancis ini adalah hasil dari semua kerja keras yang kami lakukan selama 12 tahun terakhir," kata presiden PSG, Nasser al-Khelaïfi, yang telah mengendalikan klub sejak 2011, dikutip dari AP News. 

"Mencatat sejarah Ligue 1 dan melampaui Saint-Etienne adalah sumber kebanggaan yang nyata."



Sumber : Kompas TV/AP News

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.