Kompas TV regional berita daerah

Ribuan Umat Muslim Hadiri Salawat Akbar Nabi Muhammad saw

Kompas.tv - 28 Mei 2023, 00:02 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PARIGI MOUTONG, KOMPAS.TV - Ribuan umat Muslim dari berbagai kabupaten di Sulawesi Tengah, berkumpul di kawasan eks Sail Tomini, Kabupaten Parigi Moutong, untuk mengikuti salawat akbar serta doa bersama untuk para penyebar ajaran agama Islam di Sulawesi Tengah.

Salawat akbar untuk Nabi Muhammad saw serta doa bersama untuk tokoh-tokoh penyebar agama Islam di Sulawesi Tengah itu, digelar sabtu siang tadi, di kawasan eks Sail Tomini, Desa Kayubura, Parigi Moutong.

Sedikitnya 3.000 jemaah majelis taklim atau pengajian dari sejumlah kabupaten di sulteng memadati kegiatan yang diinisiasi persaudaraan Indonesia berzikir dan DPD wanita sholawat Indonesia  atau Washotia, Kabupaten Parimo.

Sementara itu anggota DPD RI asal Sulawesi Tengah,  Muhammad J Wartabone yang turut hadir dalam kegiatan itu, mengungkapkan, pesta salawat ini, bisa dimaknai sebagai wujud kegembiraan Muslim di Sulteng yang telah mengamalkan ajaran Islam dari para pendakwah terdahulu, mulai dari Imam Syaban di Banggai pada 796 masehi, yang dilanjutkan Dato Karama, Dato Mangaji Parigi, Pue Lasadindi Mangge Rante, Abdurahman Laudjeng, Sayuid Aqil Almahdali, Abdul Wahid Toana, Rusdy Toana. Guru Tua serta murid-muridnya, raja-raja, serta para pejuang merah-putih.

Islam yang berkembang di Sulteng kata Wartabone juga selaras dengan nilai-nilai Pancasila yang menekankan pada toleransi di tengah perbedaan.

Kesempatan itu juga dirangkaikan dengan palantikan pengurus DPD Washotia Parigi Moutong. Para pengurus baru itu diharap menggemakan semangat Islam untuk kebaikan .

 #SalawatAkbarNabiMuhammadsaw #DPDWashotia #MJWartabone 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x